Hand Winch Vs Electric Winch, Pilih Mana?

Berbeda dengan electric winch yang dapat dioperasikan menggunakan tenaga listrik, hand winch adalah derek manual atau tangan yang dioperasikan oleh tenaga manusia. Dimana seorang operator memegang tali pada bagian ujungnya dan menarik beban sesuai kebutuhan. Derek tangan ini berguna saat bebannya ringan. Ini memerlukan perawatan yang lebih rendah serta cukup aman untuk bobot yang lebih ringan.

Manfaat Menggunakan Derek Manual

Derek tangan sangat mudah digunakan dan dirawat. Memiliki mekanisme yang cukup sederhana. Sebab tidak menggunakan peralatan listrik sehingga dapat terhindar dari masalah-masalah elektrik. Winch manual ini memiliki harga yang terjangkau. Memberikan output dan efisiensi yang sangat baik untuk beban yang lebih kecil.

Aplikasi Derek Tangan

Derek tangan/manual digunakan sebagai pendukung. Derek sering sekali diaplikasikan dalam kegiatan operasional di lapangan saat derek listrik tidak berfungsi. Selain itu, beratnya juga dapat diatur oleh manusia.

Kenapa Harus Memilih Hand Winch Dibandingkan Electric Winch?

Derek tangan dianggap lebih baik dibandingkan derek listrik dari berbagai aspek. Bahkan pemasok winch electric sekalipun menyarankan Anda untuk memilih winch manual ini jika Anda tidak sedang menangani benda yang bebannya berat.

Namun manfaat terpenting adalah Anda tidak membutuhkan tenaga listrik saat pengoperasiannya sehingga memudahkan penggunaan derek saat tidak terdapat sambungan listrik atau berada di area yang sering mengalami pemadaman listrik. Lebih dari itu, pemakaiannya juga lebih menghemat biaya listrik.

Derek tangan tidak membutuhkan banyak perawatan dibandingkan derek listrik yang memerlukan perawatan rutin seperti melumasi dan mengoles. BIaya perawatannya pun sangat rendah. Sehingga derek tangan dianggap lebih terjangkau untuk industri kecil yang memiliki anggaran operasional terbatas.

Karena tidak memiliki komponen listrik, maka tidak akan terjadi korsleting listrik. Derek sangat mudah dioperasikan dan perawatannya juga mudah karena tidak banyak yang harus diperiksa dan diperbaiki. Selain itu, derek tangan juga mudah dipindahkan kapan saja dan dimana saja selagi diperlukan.

Bagaimana Dengan Electric Winch?

Sesuai namanya electric winch menggunakan tenaga listrik untuk mengoperasikan derek jenis ini. Daya listrik dihidupkan untuk menarik beban tanpa interaksi manusia. Perangkat ini sangat aman ketika harus menarik beban besar.

Keuntungan dari derek listrik adalah tidak ada campur tangan manusia sehingga lebih aman bagi tenaga kerja, bisa mengatur beban kerja dengan mudah, dan membuat proses winching lebih cepat. Hanya saja derek ini memerlukan pelumasan dan perawatan rutin agar tetap bekerja dengan baik.

Pilih Mana, Hand Winch Atau Electric Winch?

Untuk memilih apakah harus menggunakan derek tangan atau derek listrik, tentu saja bisa disesuaikan dengan beban kerja dan kebutuhannya. Untuk beban kerja lebih besar tentu saja Anda bisa memilih electric winch sedangkan untuk beban kerjanya lebih kecil bisa memilih winch tangan/manual.

Setelah mengetahui plus minus winch tangan, tentu saja Anda tidak perlu ragu lagi membeli winch jenis ini untuk kebutuhan industri kecil Anda. Megajaya.co.id menjual hand winch berkualitas yang siap memudahkan pekerjaan Anda dengan harga lebih terjangkau. Cek selengkapnya disini!