Pengalaman Grup Facebook Dinonaktifkan

Pengalaman Grup Facebook Dinonaktifkan

Hari ini, 21 April 2019, menjadi hari yang kelabu bagi seluruh anggota grup Komunitas Pencinta Kura-kura Brazil di Facebook. Sebabnya, grup dengan lebih dari 27.000 anggota itu dinon-aktifkan oleh facebook dengan alasan melanggar standar komunitas mereka.

Sebagai Admin yang bertugas mengelola grup tentu saya kaget setengah mampus. "Pelanggaran yang mana?" pertanyaan itu yang terus terlintas di kepala. Memang, beberapa hari terakhir grup ramai dengan diskusi mengenai penonaktifan ramai-ramai grup facebook sebelah dengan alasan yang sama.

Saat itu masih banyak yang penasaran, apa sebabnya grup di facebook banyak yang tutup alias dinonaktifkan. Dan ketika hal itu menimpa grup yang saya kelola, tentu saya langsung mengernyitkan dahi. Kok bisa???

Setelah saya coba mengorek informasi, rupanya ada "ketentuan baru" yang benar-benar BARU dijalankan oleh facebook, yakni pelarangan jual-beli hewan atau makhluk hidup di grup facebook. Tampaknya standar komunitas inilah yang dimaksud oleh facebook.

Pelarangan ini tentu tak masuk akal; apalagi buat saya pribadi. Pertama, grup yang saya kelola, Komunitas Pencinta Kura-kura Brazil, hanya fokus pada diskusi seputar Kura-kura Brazil yang bukan merupakan makhluk yang dilarang peredarannya oleh negara.

Secara khusus, sesuai peraturan grup, kami memang melarang jual-beli hewan langka yang terancam punah atau sudah diatur peredarannya oleh negara. Tapi tampaknya ini tidak menyurutkan niat facebook untuk 'takedown' grup yang saya kelola.

Alasan kedua, peraturan ini janggal. Karena tim Admin sebagai pengelola grup TIDAK diberikan informasi mengenai pelarangan jual-beli makhluk hidup ini sebelumnya.

Yang menyebalkan, entah facebook tahu masalah ini atau tidak, menghapus atau memeriksa satu per satu postingan dan komentar di grup adalah hal yang hampir mustahil.

Dengan 27ribu anggota grup, sudah jutaan postingan dan komentar yang tampil di grup. Disuruh memeriksa dan menghapus satu per satu? Situ waras?

Belum lagi ditambah masalah resource memory facebook yang 'nauzubillah'. Semakin panjang kamu scroll halaman facebook, semakin rakus memory RAM yang digunakan.

Yang paling disesalkan bagi kami para Admin grup adalah tidak tersedianya fasilitas atau fitur untuk menghapus semua postingan dan komentar di grup secara massal. Padahal jika itu bisa dilakukan, kami tidak perlu repot-repot, tinggal hapus saja semua postingannya dan mulai kembali dari awal dengan anggota yang sama seperti sebelumnya.

Semoga tim teknis facebook sudi membaca tulisan blog yang tidak ada apa-apanya ini. Dan lain kali, jangan semena-mena langsung nonaktifkan grup gitu aja. Memangnya situ tuhan ( pake t kecil )?

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Pengalaman Grup Facebook Dinonaktifkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel