Bahaya Beras Merah Bagi Kesehatan

Bahaya Beras Merah Bagi Kesehatan

Beras merah adalah satu jenis beras yang juga cukup banyak dikonsumsi oleh sebagian masyarakat karena dianggap lebih sehat dari beras putih. Beras merah mengandung jumlah serat yang lebih banyak sehingga cocok untuk dijadikan menu diet harian. Tapi adakah bahaya beras merah jika dikonsumsi? Yuk kita cari tahu.

Kandungan karbohidrat pada beras merah lebih kompleks sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Ini berarti beras merah bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Karena sifatnya ini, seorang yang sedang melakukan diet banyak yang mengganti beras putih dengan beras merah agar bisa menahan lapar lebih lama.

Beras merah juga memiliki kalori yang lebih rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes melitus atau yang memiliki riwayat penyakit jantung. Tapi di balik manfaatnya ini ternyata ada bahaya beras merah yang patut kamu perhatikan.

Beras Merah Bisa Mengganggu Pencernaan


Kandungan asam fitat dan lektin dalam beras merah bisa mengurangi penyerapan vitamin dan mineral oleh tubuh. Bahkan asam fitat diketahui bisa menghambat produksi enzim pepsin sehingga tubuh sulit memecah protein. Karena adanya gangguan dalam penyerapan nutrisi maka sistem pencernaan kamu bisa terganggu.

Jumlah serat yang tinggi dalam beras merah jika dibandingkan dengan beras putih juga bisa membuat kamu sulit buang air besar. Terutama jika beras merah dikonsumsi secara berlebihan. Tapi jika kamu mengkonsumsi beras merah secara teratur, gejala ini lambat laun akan berkurang dan menghilang.

Beras Merah Bisa Membuat Kamu Kekurangan Nutrisi


Mengkonsumsi beras merah bisa membuat kamu justru mengalami kekurangan nutrisi. Terutama jika kamu tidak menyertakan tambahan asupan protein dan vitamin seperti sayuran, ikan, atau daging dalam menu diet kamu.

Beras merah memang bisa menahan rasa lapar kamu lebih lama. Tapi kamu juga bisa kehilangan selera makan untuk jenis makanan lain yang lebih bergizi. Akibatnya, kamu bisa kehilangan berat badan bahkan di bawah batas normal.

Solusinya, kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi beras merah saja. Tambahkan aneka sayuran segar, daging ikan, atau protein lainnnya untuk membantu tubuh kamu dalam menunjang aktifitas harian.

Beras Merah Bisa Menyebabkan Gangguan Mental


Beras merah diketahui bisa menyebabkan sindrom "Leaky Gut" dimana celah pada dinding usus mulai mengendur. Hal ini mengakibatkan zat beracun dan berbahaya seperti bakteri, racun, atau sisa metabolisme masuk ke aliran darah melewati dinding usus.

Masuknya zat asing atau berbahaya ke dalam darah akan meningkatkan resiko gangguan pada jaringan saraf bahkan hingga ke otak. Gangguan ini bisa berujung pada kelainan mental.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari atau kurangi konsumsi beras merah pada balita dan anak-anak karena merekalah yang paling rawan terkena gangguan ini. Sistem pencernaan yang masih belum cukup kuat bisa menyebabkan sindrom "Leaky Gut" dan tentu berbahaya bagi kesehatan mereka.

Berlangganan artikel terbaru

1 Komentar untuk "Bahaya Beras Merah Bagi Kesehatan"

  1. saya kira hanya ada manfaat saja, ternyata ada bahaya juga ya

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel