Ini 7 Kuliner Paling Hits Sepanjang 2018

Inilah 7 Kuliner yang Hits Sepanjang Tahun 2018

Kuliner Indonesia memang tak ada matinya. Setiap saat muncul kuliner baru yang lahir dari hasil kreatifitas. Beberapa kuliner ini ngehits dan jadi tren, tapi ada juga yang pada akhirnya tenggelam dan lenyap ditelan bumi. Dan inilah 5 kuliner paling hits sepanjang tahun 2018.

1. Es Kepal Milo

Es Kepal Milo Viral

Es Kepal Milo menduduki puncak daftar kuliner paling hits sepanjang tahun 2018. Diciptakan pertama kali di Malaysia, gaung popularitas es kepal milo sangat masif bahkan hingga ke pelosok daerah. Harganya yang murah, manis dengan beragam topping, serta dingin dan segar. Cocok disajikan di siang hari yang terik.

Dalam sekejap es kepal milo sudah menjadi jajanan favorit setiap orang. Semua orang berlomba menjual es kepal milo versinya sendiri. Di internet tak kurang dari ribuan resep es kepal milo berseliweran setiap harinya.

Sayang tren es kepal milo hanya sesaat. Kandungan kalori es kepal milo yang tinggi dan kadar gula yang berlebihan seolah menjadi momok menakutkan. Seiring waktu popularitas es kepal milo tergerus dan perlahan menghilang.

Kini hanya tinggal beberapa gerai saja di setiap kota yang masih mencoba peruntungan. Itupun dari mereka yang baru pertama kali mencoba karena penasaran, atau orang yang ingin "nostalgia" dengan jajanan yang pernah hits sebelumnya.

2. Donat Indomie

Donat Indomie Viral

Jajanan hits ini awalnya adalah hasil kolaborasi dari salah satu produsen donat di Australia dengan Indomie untuk membuat panganan baru berjuluk donat indomie. Unik dan menggelitik mata, dalam sekejap saja donat indomie viral di media sosial.

Meskipun sudah tersedia dan dijual di gerai resmi pada beberapa kota besar di Indonesia, versi kloning dari donat indomie banyak beredar. Para penjualnya membuat sendiri donat indomie dengan resep mereka sendiri.

Strategi penjualan dengan sistem COD dan online shop di media sosial berhasil mendongkrak popularitas donat indomie. Meski terlihat tak serupa dengan versi donat indomie aslinya, donat indomie versi home insudtry ini laris bak kacang goreng.

Sayang, sama seperti jenis makanan viral lainnya yang cepat menjadi hits, donat indomie juga cepat tenggelam dan dilupakan orang. Cara membuatnya yang mudah dan bahan yang mudah dijumpai di pasar membuat banyak orang lebih memilih membuat sendiri jajanan ini daripada membelinya.

3. Sosis Telur (Sostel)

Sosis telur viral

Sosis Telor alias sostel tergolong kuliner hits yang baru. Jajanan unik ini populer pada media 2018 lalu. Metode pemasaran dan penjualannya umumnya berada di pusat pertokoan dan perbelanjaan mengingat kebutuhan daya listrik dari alat pembuatnya.

Bentuknya unik. Berupa sosis yang ditusuk dengan sate lalu dicelup dalam adonan telur ayam dan dimasak pada alat khusus berbentuk silinder. Hasilnya adalah sate sosis yang terbungkus dengan telur dan disiram dengan aneka saus topping.

Poin penting dari sostel bukan terletak pada kulinernya itu sendiri, tapi pada alat yang digunakan. Jujur saja, rasa dari sostel biasa saja. Tapi sostel tidak bisa dibuat sendiri di rumah tanpa menggunakan alat khusus. Dan inilah yang menjadi nilai jual produknya.

Sayang popularitas sostel begitu cepat meredup. Rasanya yang tak istimewa dan harga alat pembuat sostel yang  menguras kantong membuat banyak orang akhirnya enggan membuat bisnis sostel sendiri. Dari segi penjualan pun para pembelinya hanya mereka yang penasaran akan bentuk dan rasanya. Hampir tak terjadi repeat order yang menjadi kunci kesuksesan sebuah usaha.

4. Banana Nugget

Banana nugget viral

Meski terdengar kebarat-baratan, sebenarnya banana nugget tak lebih dari sekedar pisang goreng yang disiram aneka saus topping. Banana nugget tidak dijual satuan, melainkan per box dimana ada beberapa buah pisang dalam 1 kotak.

Cara pembuatan banana nugget sebenarnya meniru konsep nugget ayam dimana pisang dihaluskan lalu dicampur dengan susu, tepung terigu, dan bahan lainnya untuk kemudian dikukus. Hasil kukusan inilah yang selanjutnya dibalut dengan tepung roti atau tepung panir lalu digoreng.

Buat kamu pecinta pisang goreng atau yang bosan dengan pisang goreng biasa bisa menjadikan banana nugget sebagai alternatif cemilan yang unik. Apalagi tambahan aneka topping yang bisa kamu pilih sesuai selera membuat banyak orang demen dengan jajanan viral ini.

Meski masih banyak dijumpai penjual banana nugget, kepopulerannya terus meredup dan tidak cemerlang seperti awal pertama booming. Rasanya memang lezat dan nikmat, tapi banyak orang menyayangkan kandungan minyaknya yang tinggi.

Belum lagi cara makan yang tidak sepraktis pisang goreng biasa membuat tidak banyak orang mau menjadikan banana nugget sebagai bekal di perjalanan atau di kantor. Kecuali kamu memang nekat dan sudi tanganmu berlepotan minyak goreng dan saus topping sehabis makan banana nugget.

5. Thai Mango

mango thai viral

Minuman ini hadir menggantikan kepopuleran dari es kepal milo. Dalam bahasa sederhana, thai mango ini adalah jus buah mangga dengan whipped cream. Ya, sesederhana itu. Tapi memang dari segi rasa tentu berbeda dengan jika kita buat sendiri atau yang dijajakan di kios jus buah dekat rumah.

Thai Mango awalnya dipopulerkan oleh gerai King Mango Thai di Jakarta Barat. Minuman ini dijual secara premium dengan ukuran gelas besar dan harga yang fantastis untuk ukuran jus mangga. Rasanya memang nikmat dan segar karena menggunakan buah mangga kualitas terbaik. Whipped cream yang dipakai juga bukan yang dijual bebas di pasaran karena rasanya tergolong manis.

Karena harganya yang bisa mencapai 50 ribu rupiah untuk 1 gelasnya, banyak orang berusaha meniru kesuksesan thai mango. Ada yang sukses, tapi ada juga yang gagal. Maklum alat yang digunakan untuk membuat "jus mangga premium" ini juga bukan blender biasa, tapi mesin khusus yang bisa membuat jus buah mangga menjadi sangat halus dan lembut.

Kini kepopuleran thai mango juga sudah banyak meredup. Harganya yang tergolong mahal dan hanya tersedia di gerai-gerai tertentu di kota besar membuat tidak banyak orang bisa menikmati lezatnya thai mango.

6. Telur Gulung

Telur gulung viral

Telur gulung seolah menjadi jawaban atas kekecewaan banyak orang pada sosis telur (sostel). Harganya yang relatif lebih murah karena tidak memakai sosis dan tidak memakai alat khusus cenderung dipilih banyak orang.

Seperti namanya, telur gulung memang serupa telur dadar goreng yang digulung. Kita bisa menambahkan berbagai macam isian dan topping sebagai ciri khas atau poin plus. Rasanya memang tidak terlalu spesial tapi sangat diminati karena murah dan terjangkau banyak kalangan.

Bahkan kamu bisa menjumpai penjual telur gulung di area depan sekolahan karena memang untuk menjual telur gulung tidak membutuhkan tempat yang luas dan peralatan yang banyak. Cukup sediakan wajan dan kompor maka sudah bisa berbisnis telur gulung!

Meskipun telur gulung menjadi hits dan viral di masyarakat, gaungnya tidak terlalu luas dan cemerlang karena unsur eksklusifitas dari kuliner hits dan kekinian tidak terdapat dari jajanan satu ini. Meski tidak terlalu banyak dicari orang, setidaknya inilah jajanan hits sepanjang tahun 2018 dengan harga termurah yang pernah ditemui.

Di beberapa daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah juga ramai akan pengganti dari telur gulung ini, yakni sempol atau sempolan. Apakah sempol akan menjadi pengganti dari kepopuleran telur gulung? Mari kita saksikan dengan duduk manis.

7. Brownies Balok

Brownies balok viral q-anom

Brownies coklat memang sempat hits sekitar tahun 2010 lalu, dan kini brownies balok seolah berusaha menghidupkan kembali masa-masa keemasan dari brownies dengan bentuk yang baru dan lebih unik.

Brownies balok ini dipopulerkan oleh Q'Anom dari Garut, Jawa Barat. Ciri khas dari brownies balok adalah isi coklatnya yang lumer dan meleleh saat digigit, mirip seperti sensasi kue cubit yang juga pernah hits sebelumnya.

Bedanya dengan kue balok khas Sunda adalah bahan dasarnya yang berupa adonan brownies coklat pada umumnya. Adonan ini kemudian dituang dalam cetakan dan dipanggang di atas arang sehingga membuat citarasa khas yang berbeda dari kue balok dan brownies biasa.

Sampai tulisan ini dibuat, brownies balok masih tetap diminati. Citarasa yang legit dan manis serta harganya yang cukup terjangkau masih bisa diterima oleh banyak orang. Entah sampai kapan tren brownies balok ini akan berlanjut. Apakah akan terus bersinar atau malah meredup seperti kue cubit?

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Ini 7 Kuliner Paling Hits Sepanjang 2018"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel