Cara Masak Nasi Pulen dengan Rice Cooker

Cara Memasak Nasi Agar Pulen dengan Rice Cooker

Memasak nasi bagi sebagian besar orang adalah hal sepele dan paling dasar dalam memasak. Tapi bagi beberapa orang, memasak nasi bisa menjadi sebuah ujian. Banyak yang gagal dalam menanak nasi, akibatnya nasi menjadi lembek atau terlalu kering. Lalu bagaimana cara memasak nasi yang benar agar pulen dan nikmat? Yuk kita cari tahu!

Secara sederhana, memasak nasi berarti merebus dan mengukus beras dengan bantuan air bersih. Kunci dalam memasak nasi adalah takaran atau jumlah air yang digunakan. Jika jumlah air terlalu banyak, nasi akan menjadi lembek bahkan sampai seperti bubur (Jawa: jemek). Jika airnya kurang atau terlalu sedikit, nasi akan menjadi keras dan kurang matang.

Jumlah air yang digunakan untuk memasak nasi berbeda-beda tergantung jumlah beras yang hendak dimasak dan jenis beras yang digunakan. Beras dari varietas tertentu ada yang butuh air lebih banyak agar pulen, tapi ada juga yang justru butuh air lebih sedikit.

Intinya, sebelum memasak nasi pastikan kamu sudah tahu betul jenis beras yang akan digunakan agar bisa menentukan jumlah air yang tepat untuk menanak nasi.

Cara Memasak Nasi Agar Pulen


Sekarang saya akan bagikan cara menanak nasi agar nasi menjadi pulen dan nikmat. Silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini secara berurutan.
  1. Mencuci Beras

    Mencuci beras harus dengan air yang bersih dan jernih. Jangan gunakan air sungai atau air PDAM. Jika terpaksa, diamkan air selama 1 malam agar kotoran dan zat kimia dalam air mengendap. Gunakan air yang ada di bagian atas dan bebas dari kotoran ini untuk memasak nasi.

    Mencuci beras tidak boleh lebih dari 3 (tiga) kali agar kandungan serat dan nutrisi tidak banyak hilang. Seperti yang kita tahu, kulit air beras memiliki kandungan vitamin B15. Mencuci beras lebih dari 3 kali juga membuat wangi alami beras bisa berkurang bahkan hilang sama sekali setelah dimasak.

  2. Merendam Beras

    Trik memasak nasi ini jarang dilakukan banyak orang karena memakan waktu. Untuk membuat nasi yang lezat, rendamlah beras yang sudah dibersihkan dengan air dingin selama 1 jam. Beras akan menyerap kandungan air secara maksimal sehingga setelah dimasak nasi akan menjadi padat dan berisi.

  3. Perbandingan Air

    Secara umum, perbandingan beras dan air adalah 1:1½ dengan asumsi beras yang dipakai adalah beras putih. Jika kamu memakai beras merah, perbandingan airnya adalah 1:2. Contohnya satu gelas beras putih dicampur dengan satu setengah gelas air, dan seterusnya.

    Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan jari telunjuk sebagai pengukurnya. Contoh, jika beras yang dimasukkan setinggi ruas pertama jari telunjuk, maka airnya setinggi dua ruas jari.

    Agar nasi yang dihasilkan tambah wangi, kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes cuka makan ke dalam air sebelum beras dimasak. Untuk ukuran 1 gelas beras cukup ditambahkan 1 tetes cuka.

  4. Memasak Nasi

    Memasak nasi dengan rice cooker sangat mudah. Cukup masukkan beras dengan air lalu tunggu hingga nasi matang. Agar nasi menjadi tambah kenyal, cobalah tambahkan sejumput kecil garam dan 1 sendok teh minyak goreng baru atau olive oil. Penambahan garam dan minyak akan membuat nasi yang dihasilkan menjadi kenyal dan mengkilat sehingga menggugah nafsu makan.

    Setelah rice cooker memberikan tanda nasi selesai dimasak jangan langsung buru-buru dimakan. Aduk-aduk sebentar nasi yang baru matang agar tidak lengket. Lalu tutup kembali rice cooker dan diamkan selama 10 menit. Baru kemudian disantap.

  5. Penyelesaian

    Nasi yang dimasak dengan cara di atas dijamin akan semakin lezat dan menambah cita rasa masakan. Nasi yang masih tersisa harus dibiarkan tetap dalam rice cooker agar tidak menjadi kering. Jika sudah agak kering, kamu masih bisa membuatnya seperti nasi baru dengan cara mengukusnya kembali.

Itulah tadi tips memasak nasi yang pulen dan nikmat ala Penyu Biru. Kamu bisa memakai tips di atas atau menggunakan cara kamu sendiri. Jika kamu punya tips yang lebih menarik, silahkan tulis di kolom komentar ya.

Tips:
Jika beras yang akan dimasak adalah beras yang sudah sangat lama, kamu masih bisa membuatnya memiliki cita rasa yang sama dengan beras baru. Caranya, tambahkan sedikit garam pada beras yang dimasak maka beras lama pun akan menjadi nasi yang aromanya tidak kalah dengan beras baru.

Image courtesy: zirconicusso

Belum ada Komentar untuk "Cara Masak Nasi Pulen dengan Rice Cooker"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel