Apa Itu Teleprompter

Penjelasan dan Pengertian Apa Itu Teleprompter

Debat Calon Presiden (Capres) telah berakhir. Dalam debat tesebut calon presiden nomor 2 Prabowo Subianto menuai banyak pujian lantaran sanggup berpidato hampir tanpa membaca teks. Padahal sebenarnya beliau memakai teleprompter, yang entah memang difungsikan atau tidak. Lalu apa itu teleprompter?

Pengertian Teleprompter


Dikutip dari laman Wikipedia, teleprompter adalah alat bantu baca bagi seseorang yang sedang berbicara di depan umum. Kelebihan memakai teleprompter, seseorang akan terlihat seperti berpidato tanpa teks. Para penyiar berita di TV sering memakai teleprompter agar mereka terlihat seperti sedang berbicara tanpa membaca.

Keuntungan memakai teleprompter adalah membuat para penonton dan pendengar tidak merasa terganggu dengan aktivitas pembicara atau penyiar yang harus menundukkan kepalanya untuk membaca teks. Belum lagi jika mereka sampai harus membolak-balik halaman teks yang cukup banyak jumlahnya.

Cara Kerja Teleprompter


Teleprompter yang beredar ada 2 jenis yakni teleprompter untuk penyiar televisi dan untuk konferensi atau pidato. Bagian-bagian teleprompter antara lain layar display, cermin, dan operator. Sedangkan untuk teleprompter penyiar televisi ditambah kamera untuk mengambil sudut pandang wajah penyiar.

Harga Teleprompter

Toko Teleprompter

Jual Teleprompter

Cara kerja teleprompter cukup sederhana. Mula-mula operator akan mengatur teks yang hendak ditampilkan dan dibaca oleh penyiar atau pembicara dari belakang layar. Teks ini kemudian dikirimkan ke layar display yang terletak di bagian bawah atau lantai.

Oleh perangkat cermin di bagian atas, tulisan dipantulkan ke pembaca teks jadi seseorang bisa berpidator sambil sesekali menoleh ke cermin teleprompter. Cermin yang dipakai juga bukan cermin biasa, tapi cermin transparan atau bening sehingga pandangan ke arah penonton tidak terganggu.

Untuk mempermudah membaca teks yang ditampilkan, biasanya dalam suatu sesi pidato atau konferensi memakai 2 buah teleprompter yang diletakkan di sisi kanan dan kiri pembicara.

Teleprompter hanya sekedar alat untuk menunjang pidato atau berbicara di depan umum. Keberhasilan sebuah pidato untuk menggerakkan hati para pendengar atau menggugah semangat para penonton bukan terletak pada alatnya, tapi lebih pada isi pidatonya.

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Teleprompter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel