Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy - Penyu Biru

Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy

Panduan Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy

Tulisan kali ini adalah kelanjutan dari tulisan saya sebelumnya, Blog Mas Aping Kini Menjadi Penyu Biru. Disana saya menjelaskan bahwa saya memakai domain dari registrar GoDaddy. Jadi sekarang saya akan menulis tentang panduan setting custom domain Blogger dengan Godaddy 2018.

GoDaddy adalah salah satu registrar domain terbaik di dunia. Hingga saat tulisan ini dimuat, GoDaddy mengklaim telah melayani 77 juta pelanggan dengan 18 juta domain aktif. Sebuah angka yang sangat fenomenal.

Belum lagi jika kita melihat daftar domain yang disediakan dari GoDaddy, yang terbanyak dan terlengkap di seluruh dunia. Rasa-rasanya, domain apapun yang kamu cari maka GoDaddy hampir pasti memilikinya.

Dengan jumlah pengguna jasa yang demikian besar, tak heran jika para blogger dari seluruh dunia pernah mendengar atau bahkan memakai jasa GoDaddy baik untuk mendaftarkan domain maupun dengan hosting.

Latar Belakang Penulisan Artikel

Ketika saya mendaftarkan domain PenyuBiru.com ke GoDaddy pertama kali, sebenarnya saya sempat mencari tahu dahulu bagaimana nantinya pengaturan custom domain untuk Blogger jika memakai GoDaddy.

Dan ternyata hampir tidak ada yang membahas cara setting custom domain blogspot dengan GoDaddy. Sekalinya ada, artikel tersebut sudah tergolong lawas dan tidak relevan dengan tampilan pengaturan GoDaddy pada tahun 2018 ini.

Cara Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy

Baik, langsung saja kita masuk ke pembahasan utama yakni bagaimana cara memasang atau menghubungkan domain yang kita beli dari GoDaddy ke Blogger atau Blogspot.

Hal pertama yang kita lakukan adalah mengatur custom domain blogger terlebih dahulu. Masuklah ke dashboard blog yang hendak dipasangkan domain dari GoDaddy lalu pilih menu Setting - Basic.

Perhatikan pada bagian "Publishing", klik pada tulisan "Set up a third-party URL for your blog"

cara setting custom domain blogger

Masukkan nama domain yang baru kamu beli dari GoDaddy pada kolom yang tersedia. Pastikan kamu tambahkan www di depannya. Klik tombol Save untuk melanjutkan.

cara pasang custom domain blogspot

Kamu akan mendapatkan notifikasi error seperti gambar yang tertera. Jangan khawatir, simpan atau catat baik-baik kode CNAME yang tampil.

panduan setting domain blogger

Sekarang bukalah halaman GoDaddy di URL berikut :
https://id.godaddy.com

cara pasang domain di blogger

Masuklah dengan akun yang kamu miliki. Dalam panduan ini, saya asumsikan kamu sudah mendaftarkan nama domain dan sudah siap dipasang.

tutorial setting custom domain blogger 2018

Klik pada tombol Kelola yang ada di samping nama domain kamu.

cara pasang domain baru di blogspot

Scroll ke bagian bawah halaman sampai kamu menemukan menu Kelola DNS. Klik pada tulisan tersebut.

cara mengatur custom domain blogger

Nah, sekarang kamu akan masuk ke bagian utama dari tutorial ini. Yakni bagaimana cara setting custom domain di GoDaddy. Ada 6 tipe yang terdaftar secara default pada GoDaddy, tapi yang bisa kamu ubah hanya 3 yakni A dan CNAME.

cara setting custom domain di GoDaddy 2018

Sekarang klik pada icon pensil di samping CNAME yang berisi value www. Isikan ghs.google.com pada kolom "Mengarahkan ke". Lalu klik tombol Simpan.

tutorial pasang domain blogger dengan godaddy

Ubah CNAME kedua lalu isikan dengan data yang sudah kamu dapat dari pengaturan custom domain di Blogger tadi.

Sekarang klik pada tipe A lalu ubah dengan pengaturan sebagai berikut:
Tipe Host Mengarahkan ke TTL
A @ 216.239.32.21 1 Jam

setting domain baru-di blogger

Karena kamu membutuhkan 4 tipe A lagi, klik pada tulisan TAMBAH lalu isi seperti berikut :
Tipe Host Mengarahkan ke TTL
A @ 216.239.34.21 1 Jam
A @ 216.239.36.21 1 Jam
A @ 216.239.38.21 1 Jam

Pastikan semua setting sudah benar. Kalau perlu cek 2 kali untuk memastikan tidak ada kesalahan. Contoh hasil pengaturannya bisa kamu lihat pada gambar di bawah ini :

setting domain godaddy di blogger

Sampai disini proses setting custom domain di GoDaddy sudah selesai. Sekarang kamu harus kembali ke dashboard Blogger untuk mengkonfirmasi bahwa domain di GoDaddy sudah diatur untuk diarahkan ke blogspot.

Kembali ke menu Setting - Basic lalu klik lagi pada "Set up a third-party URL for your blog". Isikan nama domain sekali lagi lalu klik tombol Save.

setting domain godaddy di blogspot

Taraaa...! Jika kamu tidak mendapati lagi peringatan error seperti sebelumnya, artinya domain kamu sudah berhasil terhubung dengan baik. Jangan lupa untuk centang opsi "Redirect domain.com to www.domain.com".

pengaturan custom domain blogspot lengkap

Selesai sudah proses setting custom domain Blogspot dengan GoDaddy. Cukup mudah, bukan?

BONUS

Blogger memiliki fasilitas HTTPS gratis yang bisa kamu aktifkan. Pada dashboard Blogger, masuklah ke menu Setting - Basic. Perhatikan pada kolom HTTPS, ubah pengaturan pada "HTTPS Availability" dan "HTTPS Redirect" ke Yes.

panduan setting custom domain dengan godaddy terbaru

Fitur HTTPS ini memiliki peran yang cukup penting untuk meningkatkan SEO blog kamu. Mengingat fitur ini gratis, jangan sampai kamu lewatkan tips satu ini.


Artikel Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Tutorial kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

1 komentar pada "Setting Custom Domain Blogger dengan GoDaddy"

  1. Hallo, info yang bermanfaat dan membantu...

    Lanjutkan

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel