Cara Makan Sambal untuk yang Tidak Suka Pedas

Cara Menikmati Sambal untuk yang Tidak Tahan Pedas

Siapa tidak kenal sambal? Dari penampilannya saja sudah sangat menggoda. Olahan pasta dari cabai atau lombok ini memang bisa membuat masakan jadi tambah lezat dan menggugah selera.

Sayang tidak semua orang suka dengan dengan rasa pedas dari sambal. Rasa tajam dan panas di lidah bisa jadi petaka untuk kamu yang memang tidak suka pedas, atau alergi terhadap cabai. Lalu bagaimana cara menikmati sambal tanpa rasa pedas yang berlebihan?

Saat sambal begitu menggoda namun tak tahan dengan rasa pedasnya, admin akan bagikan cara menikmati sambal dengan aman dan nyaman. Dalam tips ini kita akan membuat sambal yang lezat dan nikmat tapi dengan rasa pedas yang tidak terlalu menggigit.

Cara Membuat Sambal untuk yang Tidak Tahan Pedas

  1. Siapkan beberapa buah cabai atau lombok. Pilih yang masih berwarna hijau atau tidak terlalu matang. Pastikan kamu memilih cabai yang masih segar.
  2. Cabut tangkai yang masih menempel pada cabai lalu gulirkan cabai dengan sedikit tenaga di antara kedua telapak tangan agar biji-biji terlepas dari tangkainya. 
  3. Iris halus atau potong-potong cabai menjadi 6 hingga 8 bagian. 
  4. Taburkan 1 sendok makan garam untuk setiap 10 buah cabai. Aduk rata dan tekan-tekan dengan sendok supaya rasa pedas dan panas tidak mengenai tangan. Diamkan antara 10 hingga 15 menit. 
  5. Kemudian cuci bersih irisan cabai tadi sambil membuang biji-biji yang terlepas. Tiriskan.
  6. Setelah cabai sudah kering dan tidak berair, haluskan dengan blender atau ulekan (cobek).
  7. Tambahkan rasa manis alami pada sambal dengan gula merah atau gula Jawa. Gula palem juga bisa kamu gunakan untuk menggantikan gula merah.

Bagaimana? Cara membuat sambal yang tidak pedas sangat mudah, bukan? Kamu juga bisa mencampur sambal dengan bahan lain yang kamu suka seperti bawang putih, terasi, kemangi, tomat, dan lain sebagainya.

Tips Menikmati Sambal untuk yang Tidak Tahan Pedas

  • Dalam mencampur sambal, hindari menambahkan gula pasir atau gula tebu karena rasa manis nantinya terlalu menggigit.
  • Sama seperti gula pasir, menambahkan terasi atau bawang putih akan membuat sambal menjadi tambah pedas dan rasa panas di mulut. Hindari kedua jenis bahan ini dari sambal buatanmu.
  • Untuk menawarkan rasa pedas yang muncul, minumlah susu. Kandungan alami pada susu bisa mengikat zat capsaicin sehingga cepat meredakan rasa panas dan terbakar di mulut.


Bagi penggemar rasa pedas, sambal memang wajib ada dalam setiap menu makanan yang disajikan. Tapi buat kamu yang tidak tahan pedas, dengan tips di atas kamu juga masih bisa menikmati sambal dengan cita rasa yang berbeda.

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Cara Makan Sambal untuk yang Tidak Suka Pedas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel