Cara Membuat Link Komentar Jadi Nofollow

Cara Membuat Link Pada Komentar Menjadi Nofollow Noopener

Saling berkunjung ke blog lain dan meninggalkan pesan adalah hal yang lumrah. Tapi tahukah kamu kalau link tersebut bisa mempengaruhi peringkat blog kita di mesin pencari? Yuk kita belajar cara membuat link aktif atau link hidup pada komentar menjadi nofollow dan noopener.

Aktifitas blogwalking atau saling berkunjung antar sesama blogger adalah hal yang menyenangkan. Selain bisa menyambung tali silaturrahmi, kita juga bisa menambah teman dan wawasan. Para blogger biasanya akan saling meninggalkan pesan atau komentar satu sama lain dengan harapan pemilik blog akan balik mengunjungi blog mereka.

Jika link yang dicantumkan relevan atau berkualitas tentu tidak masalah. Tapi jika link tersebut tergolong spam atau malah link yang sudah mati (broken link)? Sudah tentu keberadaan link tersebut akan mempengaruhi posisi blog kita pada mesin pencari.

Solusi mengatasi link hidup atau link aktif di komentar

Secara default, Blogger menggunakan atribut rel dofollow pada semua link di komentar. Itu artinya, blog kita mengizinkan bot mesin pencari untuk menelusuri keberadaan link tersebut. Ini hal yang buruk dan merugikan kita jika link yang dimaksud adalah link blog dengan konten yang dilarang seperti perjudian, pornografi, dan lain sebagainya.

Solusinya ada tiga. Pertama ialah dengan mematikan fitur komentar 😂 Cara ini paling mudah, tapi tidak disarankan karena orang lain tidak bisa meninggalkan pesan. Alternatifnya adalah dengan memasang komentar Disqus pada blog.

Cara kedua adalah dengan menghapus semua link aktif yang ada pada komentar secara otomatis. Jika kamu berminat dengan cara ini, silahkan baca artikel saya Cara Menghapus Link Aktif di Komentar.

Jika kamu tidak ingin menghapus link dan ingin membiarkan apa adanya, kamu bisa menggunakan cara ketiga. Yakni dengan menambahkan atribut rel nofollow pada setiap link di komentar. Bagaimana caranya? Tentu kita tidak bisa mengubah link yang sudah terpasang pada komentar.

Saya sudah berkeliling ke berbagai situs di internet dan mencoba satu per satu tapi tidak berhasil. Akhirnya saya menemukan artikel mas Adhy dari KompiAjaib yakni dengan memakai fungsi Javascript jQuery.

Script ini sebenarnya tidak secara khusus membuat link pada komentar menjadi nofollow. Lebih tepatnya, script ini akan membuat semua link yang keluar dari situs kita (termasuk yang ada dalam posting) menjadi nofollow dan terbuka di tab baru secara otomatis.

Cara kerjanya mirip dengan tulisan saya sebelumnya yakni Cara Membuat Link Eksternal Otomatis Terbuka di Tab Baru. Silahkan membaca dahulu tulisan tersebut untuk menambah wawasan.

Saya memodifikasi script dari KompiAjaib dengan menambahkan atribut noopener. Jadi dalam satu script sudah terdapat tiga atribut sekaligus yakni nofollow, noopener, dan target blank.

Kenapa saya menambahkan noopener? Ketika kita memasang link dengan atribut target="_blank", proses halaman baru yang berjalan di web browser sama dengan proses halaman kita. Jika situs lain memakai Javascript yang berat, maka kinerja blog kita juga bisa terganggu.

Penjelasan lebih lengkap dan contoh kasus mengenai penggunaan atribut noopener ini akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Cara Pasang Script Membuat Link Komentar Jadi Nofollow

Untuk cara pasangnya adalah dengan memasukkan script pada template. Seperti biasa bukalah dashboard Blogger lalu masuk ke menu Theme - Edit HTML.

Copy paste kode di bawah ini dan letakkan di atas </body> :

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
$("a").filter(function(){return this.hostname&&this.hostname!==location.hostname}).attr('rel', 'nofollow noopener').attr('target', '_blank');
//]]>
</script>


Klik tombol Simpan dan lihat hasilnya.

2 Komentar untuk "Cara Membuat Link Komentar Jadi Nofollow"

  1. tidak sukses juga buat blog saya gan. sepertinya masih pilih pilih template.
    kata teman saya kepada sebagian template bisa gan, tapi buat template saya yang bawaan blogger dan saya juga coba ke template damzaky dan template kang kapuk yg merah itu tidak sukses gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan gagal di template bawaan Blogger karena tidak terpasang script jQuery. Caranya tambahkan script di bawah ini sebelum </head> :

      <script src="https://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/3.3.1/jquery.min.js"></script>

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel