Cara Membasmi Ulat Bulu di Rumah

Cara Membasmi Ulat Bulu di Rumah

Siapa tidak tahu ulat bulu? Hewan melata berukuran kecil dengan bulu-bulu yang bikin gatal tentu menjadi momok setiap orang. Lalu bagaimana cara mengatasi ulat bulu? Coba baca cara membasmi ulat bulu di rumah dengan mudah ini.

Ulat bulu memang mnejengkelkan sekaligus menakutkan. Memasuki musim penghujan seperti ini, hewan kecil dengan warna beraneka ragam ini seolah menyerbu tanpa pandang bulu. Hampir di setiap kebun, lahan pertanian, bahkan sampai rumah penduduk didatangi oleh ulat bulu.

Jika bulu-bulu halusnya mengenai kulit akan timbul iritasi. Tanda-tandanya biasanya rasa gatal dan bentol pada kulit. Kadang juga disertai rona kemerahan pada kulit. Pada beberapa orang, bulat bulu bahkan bisa memicu alergi (anaphylactic shock)

Bagaimana Cara Mengatasi Ulat Bulu?


Untuk mengatasi serangan ulat bulu bisa dengan melakukan pembasmian. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba mulai dari cara sederhana seperti dipukul dengan batu, besi, dan kayu atau dengan memakai obat kimia.

Saya merangkum beberapa cara dalam mengatasi serangan ulat bulu di rumah dengan mudah. Berikut adalah langkah-langkah mengendalikan populasi ulat bulu yang bisa kamu coba. Silahkan diikuti sampai akhir.

Membasmi Ulat Bulu dengan Air

Kamu bisa menyiapkan ember dan isi dengan air setengahnya. Kumpulkan semua ulat bulu yang terlihat dengan penjepit panjang lalu masukkan ke dalam air. Ulat akan mati tenggelam secara alami.

Ulat yang sudah mati jangan dibuang begitu saja karena racun dalam bulunya masih aktif. Kubur ulat yang sudah mati dalam tanah agar lebih aman.

Membasmi Ulat Bulu dengan Dibakar

Cara ini memang tergolong efektif untuk langsung membasmi ulat bulu. Memang ada beberapa jenis ulat bulu yang bulunya bisa terbang jika terbakar, tapi jangan khawatir saya punya solusinya.

Carilah kotak kaleng biskuit bekas yang bagian atasnya agar tertutup seperti kaleng Khong Guan. Bakarlah beberapa arang hingga menjadi bara lalu masukkan ke dalam kaleng.

Masukkan satu per satu ulat bulu yang kamu kumpulkan ke dalam kaleng sampai mereka terbakar. Jika sudah hangus terbakar semua, buang sisa arang dan ulat bulu ke dalam lubang di tanah lalu dikubur.

Membasmi Ulat Bulu dengan Air Beras

Sebenarnya kita tidak bisa membunuh ulat bulu dengan air bekas cucian beras, tapi dengan memakai fermentasi air beras. Cara ini tergolong sulit karena memanfaatkan jamur (fungi) Beauveria bassiana (BB) untuk dicampurkan dalam air beras atau air kelapa.

Ulat bulu yang terkena cairan fermentasi dari air beras dalam waktu 3 hari akan mati dengan tubuh yang kaku dengan jamur di sekujur tubuhnya. Cara ini tergolong penanganan ulat bulu secara organik dan aman bagi lingkungan.

Membasmi Ulat Bulu dengan Bawang Putih

Meski belum diuji keampuhannya secara empiris, bawang putih dikenal bisa membuat ulat bulu kapok datang lagi. Kandungan atsiri dalam bawang putih bisa membuat rasa panas dan terbakar sehingga ulat bulu merasa tidak nyaman dan pergi.

Untuk membuatnya, ambil 10 siung bawang putih atau kurang lebih 1 genggam lalu haluskan. Campur dengan satu ember air kemudian saring dengan kain bersih. Air hasil saringan masukkan ke dalam sprayer atau semprotan lalu siramkan pada ulat bulu.

Membasmi Ulat Bulu dengan Pestisida atau Insektisida

Ini pilihan terakhir yang bisa kamu pilih karena bahan kimia dalam pestisida dan insektisida sangat beracun dan berbahaya. Saya pribadi sering memakai insektisida dengan kandungan permethrin dengan merk dagang Mefisto.

Mefisto relatif aman digunakan jika dibandingkan dengan pestisida lain yang ada di pasaran. Cara menggunakannya, campur 1 tutup botol Mefisto dalam 1 liter air dan masukkan dalam sprayer. Semprotkan pada ulat bulu maka mereka akan mati dengan cepat.

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Cara Membasmi Ulat Bulu di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel