Domain Premium .ID Termahal di Indonesia - Penyu Biru

Domain Premium .ID Termahal di Indonesia

Tarif Mahal Domain Premium .ID

Sesuai judul posting, kali ini saya akan membahas tentang tarif mahal domain premium .ID dari Pandi. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa Pandi (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) menyediakan domain premium buat kamu yang berminat (dan berduit) 😬

Buat kamu yang belum tahu, pelayanan top level domain indonesia saat ini ditangani oleh Pandi. Domain dengan akhiran .ID adalah domain kode negara Indonesia.

Contoh domain Indonesia antara lain btbooks.co.id, aping.web.id, tni.mil.id, dan lain sebagainya. Intinya, semua domain asal negara Indonesia berakhiran .id. Sudah tidak bingung lagi, 'kan?

Apa itu domain premium .ID?

Domain premium dari Pandi adalah nama domain apa saja yang kurang dari 5 karakter dan berakhiran .ID (Indonesia). Domain premium .ID ini bisa juga disebut sebagai domain termahal di Indonesia. Domainnya antara lain web.id, my.id, co.id, biz.id, or.id, co.id, ac.id, dan sch.id.

Saya belum tahu apakah domain yang baru atau terbatas seperti ponpes.id, go.id, atau mil.id juga dimasukkan dalam kategori domain premium atau tidak. Yang jelas ketiganya tidak masuk dalam daftar yang disediakan per tanggal 23 November 2018.

Apa kelebihan domain Indonesia?

Dengan memakai domain ID berarti kamu bangga akan identitas bangsa kita dan siap bersaing secara global di dunia internasional. Keren, bukan?

Meskipun list domain Indonesia itu banyak, menurut saya domain .id tetap menjadi yang paling keren. Bagaimana tidak, domain itu hanya terdiri dari 2 karakter selain. Lebih singkat dari domain com, net, org, atau info.

Domain premium Pandi itu mahal

Ya, yang namanya domain premium itu mahal. Namanya juga premium, memilikinya pasti punya kebanggan dan prestige tersendiri.

Berbeda dengan domain mainstream seperti com, net, org, dan lain sebagainya yang premium karena sudah dipesan, domain premium pandi tidak bisa dipesan untuk diperjual-belikan (parking atau reserved domain).

Jadi cuma kamu yang berkantong tebal saja yang sekiranya mau dan "sudi" membayar mahal demi sebuah domain.

Berapa harga atau biaya domain premium .ID dari Pandi?

Pandi sudah menetapkan harga untuk domain premium mereka. Seperti dilansir dari laman situs domainpremium.pandi.id, berikut adalah daftar harganya:

Panjang Domain Biaya
Domain 4 (empat) karakter Rp 2.000.000,-
(Dua juta rupiah)
Domain 3 (tiga) karakter Rp 15.000.000,-
(Lima belas juta rupiah)
Domain 2 (dua) karakter Rp 500.000.000,-
(Lima ratus juta rupiah)

Harga yang sangat WOW untuk sebuah domain, memang. Mengingat tarif domain premium baru-baru ini diluncurkan, saya tidak tahu bagaimana dengan mereka yang sudah mendaftarkan domain kurang dari 5 karakter dari jauh-jauh hari.

Domain 1 karakter dari .ID

Bagaimana domain dengan hanya 1 (satu) karakter? Apakah juga dijual? Sepertinya tidak. Sepanjang pengetahuan saya, baru ada satu situs web yang memakai 1 karakter saja yaitu domain u.id. Domain tersebut adalah penyedia layanan identitas digital untuk masyarakat Indonesia.

Kesimpulan

Harga yang sangat tinggi sepertinya akan menjadi penghalang bagi mereka yang ingin memiliki domain kurang dari 5 karakter. Mahal, tapi mungkin sebanding dengan citra atau untuk menegaskan identitas perusahaan dan personal.

Kecuali kamu memang berkocek tebal, sebaiknya pilih domain Indonesia minimal 5 karakter. Yang penting domain tersebut mudah diucapkan dan diingat orang. Itu saja.

Bagaimana? Berminat ingin memiliki domain premium?


Artikel Domain Premium .ID Termahal di Indonesia Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Internet kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Domain Premium .ID Termahal di Indonesia ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Domain Premium .ID Termahal di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel