Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes - Penyu Biru

Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes

Sarapan Mengurangi Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Makan adalah kebutuhan dasar manusia. Tanpa makan, kamu tidak akan bisa bertahan hidup. Tahukah kamu bahwa dengan sarapan yang teratur akan membantu kamu mengurangi resiko terkena penyakit diabetes? Yuk, kita simak penjelasannya.

Makan di pagi hari sering disebut sarapan atau breakfast. Tujuannya agar kita mendapatkan asupan gizi dan nutrisi untuk memulai hari. Dengan sarapan, tubuh akan sehat dan lebih berenergi.

Meski banyak pro dan kontra, masyarakat Indonesia umumnya menganggap sarapan pagi sebagai waktu makan paling penting. Tapi banyak juga yang berpikir kalau tidak sarapan membuat tubuh dapat mengatur kadar gula darah lebih baik.

Banyak pelaku diet menghindari sarapan pagi untuk mengurangi asupan kalori. Padahal menurut penelitian, tidak sarapan justtru memicu kenaikan kadar gula darah antara 20 hingga 30 persen.

Bahkan ada sebuah studi yang menunjukkan kalau sarapan dengan makanan tinggi kalori justru dapat membantu menunrunkan tekanan gula darah yang tinggi sepanjang hari jika dibandingkan dengan makanan rendah kalori.

Dengan sarapan secara rutin, kamu akan terhindari dari penyakit diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 17 orang, mereka dites untuk tidak sarapan selama 3 hari. Hasilnya, tidak sarapan terbukti dapat memicu kenaikan gula darah jika dibandingkan tidak makan siang atau makan malam.

Selain menurunkan risiko penyakit diabetes, sarapan pagi secara teratur setiap hari juga mengurangi obesitas dan resiko penyakit jantung. Hal ini karena produksi insulin dalam tubuh tetap terjaga.

Rutin Sarapan Pagi menghindarkan diri dari Resiko Penyakit Diabetes Melitus

Lalu bagaimana sarapan pagi yang baik dan benar?

Para ahli gizi dan nutrisi menyarankan untuk memilih menu sarapan kaya karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Makanan kaya serat juga baik untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

Beberapa bahan makanan yang bisa dijadikan menu sarapan kamu antara lain oatmeal, roti gandum, kacang-kacangan, dan buah segar. Untuk penderita diabetes, cobalah perbanyak konsumsi oat, muesli, dan granola.


Artikel Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Kesehatan kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Sarapan Teratur Kurangi Resiko Kena Diabetes"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel