Ini Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah - Penyu Biru

Ini Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah

Inilah Efek Samping Dari Konsumsi Bawang Putih Mentah pada Tubuh

Kamu sudah baca artikel Cara Makan Bawang Putih Mentah, bukan? Sekarang kita akan membahas tentang resiko atau efek samping dari mengkonsumsi bawang putih mentah bagi tubuh kamu.

Bawang putih punya banyak manfaat atau khasiat, baik sebagai bahan makanan maupun obat-obatan. Aroma dan rasanya yang khas membuat masakan menjadi lebih gurih dan lezat.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam bawang putih juga terbukti punya banyak manfaat bagi kesehatan seperti menurunkan tekanan darah, mengurangi kadar kolesterol dalam darah, mencegah penyumbatan pembuluh darah, mencegah infeksi pada luka, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan khasiatnya secara utuh, kita bisa mengkonsumsi bawang putih yang masih mentah atau belum dimasak. Ada banyak cara dalam mengkonsumsi bawang putih mentah. Dari dipotong kecil, dicampur madu, hingga dijadikan sambal. Tapi tahukah kamu bahwa konsumsi bawang putih mentah punya efek samping? Yuk kita cari tahu!

Mual

Hal yang paling umum terjadi saat kamu menelan sepotong bawang putih mentah adalah rasa mual yang menjalar dari lambung. Ini wajar dan tidak berbahaya.

Tidak semua orang suka dengan bau atau aroma bawang putih mentah. Dan jika kamu salah satu diantaranya, aroma bawang putih yang menyengat bisa membuat kamu merasa mual bahkan muntah.

Maag dan Perut Kembung

Zat-zat yang terkandung dalam bawang putih bisa meningkatkan kadar asam dalam lambung. Jika kamu mengkonsumsi bawang putih sebelum makan, kamu bisa terserang penyakit maag.

Bawang putih juga dapat meningkatkan kadar gas dalam lambung yang bisa menyebabkan kamu mengalami perut kembung atau begah. Beri jeda 1 hingga 2 jam setelah makan sebelum kamu mengkonsumsi bawang putih mentah.

Mulas dan Diare

Konsumsi bawang putih pada beberapa orang juga diketahui dapat memicu reaksi peristaltik usus besar sehingga merasakan perut sakit atau mulas. Efek lanjutan dari perut yang kembung biasanya menjadi diare jika tidak diobati segera.

Sakit Kepala atau Migrain

Penderita tekanan darah rendah sebaiknya tidak mengkonsumsi bawang putih mentah. Bawang putih mentah dapat memicu rasa pusing atau sakit kepala jika kondisi tubuh tidak dalam keadaan sehat.

Penyakit Hati

Konsumsi bawang putih mentah secara berlebihan ditengarai dapat melukai dinding pembuluh darah dalam hati. Meski kasusnya sangat jarang terjadi, sebaiknya batasi konsumsi bawang putih mentah tidak lebih dari 10 gr per hari.

Pendarahan

Sifat zat kimia dalam bawang putih memang bisa mengencer dan mencegah pembekuan darah. Oleh sebab itu, jika kamu sedang terluka, menstruasi, atau habis operasi disarankan tidak makan bawang putih mentah untuk sementara waktu.

Itulah beberapa efek samping yang mungkin timbul jika kamu makan bawang putih mentah. Hal ini memang tidak terjadi pada semua orang. Tapi jika kamu salah satu diantaranya, sebaiknya kurangi atau hentikan konsumsi bawang putih mentah.

Bawang putih juga bisa mengganggu penyerapan atau absorbsi dari beberapa jenis obat-obatan. Konsultasikan dengan dokter sebelum kamu mengkonsumsi bawang putih bersamaan dengan obat-obatan tersebut.


Artikel Ini Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Kesehatan kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Ini Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Ini Efek Samping Makan Bawang Putih Mentah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel