Cara Mengatasi Bom Klik Adsense - Penyu Biru

Cara Mengatasi Bom Klik Adsense

Cara Mengatasi Bom Klik Jingling pada Google Adsense

Berhubung banyak yang menanyakan tentang cara mengatasi bom klik pada Google Adsense, kali ini saya coba mengulas tentang jingling model baru ini. Artikel ini adalah lanjutan dari tulisan saya sebelumnya yakni Cara Mencegah dan Mengatasi Jingling.

Apa itu bom klik Adsense?


Bom Click atau jumlah klik tidak wajar adalah momok menakutkan bagi setiap blogger yang memasang kode iklan Adsense di situs mereka. Jumlah klik yang berlebihan dan tidak natural di mata Google bisa berakibat invalid click atau jumlah klik tidak dihitung.

Invalid klik yang terus menerus terjadi bisa berujung pada akun Adsense yang ditangguhkan bahkan sampai dibanned. Ternyata, jumlah trafik yang tidak wajar juga bisa menjadi penyebab bom klik ini.

Trafik yang tidak wajar bisa disebabkan olah software jingling atau auto visitor yang banyak beredar di internet. Kamu bisa membaca tulisan saya tentang software jingling ini dan cara mengatasinya di tulisan saya yang lalu.

Jingling versi baru


Setelah melihat perkembangan dari tren jingling, ternyata ada 1 lagi jingling yang memanfaatkan pengiriman paket data berupa trafik dalam jumlah besar. Biasanya menargetkan file atau gambar tertentu dengan beragam fungsi javascript. kompleks.

Jingling model baru ini sepintas mirip dengan teknik penyerangan DDOS (Distributed Denial of Service) attack tapi dengan jumlah paket lebih terbatas.

Ciri khas dari jingling baru ini adalah memakai website biasa, bahkan blog yang dihost di Blogger. Seperti yang saya temukan dari blog jinganjing.blogspot.com, jinganjingling.blogspot.com, atau jinxpro.ooo. Ketiganya memakai fungsi javascript yang mirip.

Website jingling seperti ini sebenarnya lebih cenderung ke auto visitor, bukan DDOS attack. Jumlah ping yang dikirim juga kecil sehingga pada server situs atau blog yang diserang tidak sampai terbebani.

Buat kamu yang jumlah pengunjung masih rendah akan rawan terkena deindex dari Google karena dianggap spam. Sedangkan bagi yang memasang kode iklan Adsense akan berbahaya karena Google menganggap trafik tidak wajar sebagai ancaman dimana jumlah permintaan tinggi tapi tidak ada interaksi.

Google biasanya akan langsung menurunkan harga CPC (cost per click) atau menghilangkan iklan dari blog kamu untuk melindungi pengiklan dari kerugian.

Cara Mengatasi Jingling pada Google Adsense


Web jingling auto visitor ini saya cek tidak bisa diatasi dengan script Robots.txt seperti yang saya bagikan di artikel sebelumnya karena yang dikirim ke situs target adalah paket data, bukan bot.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bom klik pada Google Adsense ini yakni dengan melaporkan situs jingling yang bersangkutan ke Google dengan alasan menyebarkan spam. Kamu bisa mengisi form laporan ke Google tersebut dengan alamat atau URL situs jingling ke sini :
https://support.google.com/blogger/answer/42577?hl=id

Yang kedua, jika kamu melihat sumber lalu lintas atau trafik berasal dari blog atau situs yang dicurigai memakai script jingling, lepaskan sementara kode iklan Adsense dari blog kamu. Pasang kembali kode Adsense jika sudah dirasa aman dan kondusif.


Artikel Cara Mengatasi Bom Klik Adsense Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Blogger kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Cara Mengatasi Bom Klik Adsense ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial šŸ™

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Cara Mengatasi Bom Klik Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel