Bahaya Makan Lipan atau Kelabang Mentah - Penyu Biru

Bahaya Makan Lipan atau Kelabang Mentah

Bahaya Makan Lipan Mentah

Bahaya Makan Lipan Hidup-hidup sebagai obat atau makanan - Tahukah kamu apa itu lipan? Lipan atau kelabang adalah hewan berukuran kecil mirip cacing atau ulat yang punya banyak kaki. Panjangnya mulai dari beberapa milimeter sampai lebih dari 10 cm.

Lipan biasanya hidup di daerah yang berhawa lembab, basah, atau gelap. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di saluran pembuangan air, sungai, hutan, atau gua. Bahkan kadang lipan masuk ke dalam rumah-rumah penduduk.

Dengan kaki yang banyak, lipan bisa berlari cepat. Lipan juga memiliki gigitan yang berbisa untuk melumpuhkan mangsanya seperti serangga, ikan, dan reptil kecil.

Lipan cenderung menjauhi manusia dan kabur jika didekati. Tapi jika dia merasa terganggu lipan tak segan untuk menggigit manusia. Meski tidak sampai mengakibatkan kematian, gigitannya menimbulkan nyeri berkenjangan, bengkak, atau ruam.

Meski tampak menakutkan dan menjijikkan, di beberapa negara seperti Afrika Selatan, Thailand, dan Tiongkok lipan umum dijumpai sebagai bahan pembuatan obat dan makanan.

Di Thailand, lipan dijadikan masakan ekstrim, biasanya dengan dipanggang atau dibakar seperti sate. Kamu bisa menemukan kuliner ekstrim seperti ini dijajakan di pinggir jalan. Konon bagi yang sudah pernah menyantapnya, rasanya gurih dan enak.

Lain lagi di dataran Cina sana. Lipan seringkali dibuat sebagai bahan pembuatan obat-obatan tradisional. Umumnya lipan dikeringkan lalu dibuat menjadi bubuk sebelum dicampur sebagai bahan obat.

bahaya makan lipan dihup-hidup

Tapi ada juga yang memakai daging lipan dalam keadaan segar atau tidak dimasak sebagai bahan campuran obat. Daging lipan diyakini punya banyak manfaat seperti untuk obat sakit gigi, meredakan kejang, mencegah asma, menyembuhkan penyakit kulit, hingga dipakai sebagai obat kuat.

Lipan sebagai bahan obat memang banyak yang sudah membuktikan khasiatnya meski belum pernah diteliti secara ilmiah.

Tapi ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi lipan dalam keadaan hidup atau yang dimasak tidak sempurna bisa membuat parasit dalam tubuhnya menginfeksi otak kamu. Hiii...

Parasit dari lipan yang bernama Rat Lungworm diketahui sebagai salah satu penyebab meningitis. Parasit ini tidak mati jika daging lipan dimakan dalam keadaan segar atau mentah. Begitu juga jika proses memasaknya kurang lama atau tidak sempurna.

Jadi pastikan jika kamu memakan lipan tidak dalam keadaan hidup. Atau yang lebih baik, hindari makanan ekstrim seperti ini.


Sumber gambar:
insectidentification.org
yaocai.com


Artikel Bahaya Makan Lipan atau Kelabang Mentah Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Kesehatan kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Bahaya Makan Lipan atau Kelabang Mentah ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Bahaya Makan Lipan atau Kelabang Mentah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel