Cara Memilih Warna untuk Tema Blog

Cara Memilih Warna untuk Tema Blog
Saat kamu memulai untuk membangun sebuah blog, banyak aspek yang perlu diperhatikan. Mulai dari nama blog yang cocok, niche atau topik tulisan, hingga tema dan desain layout yang menarik. Tapi ada 1 hal yang sering dilewatkan yaitu bagaimana cara memilih warna yang cocok untuk tema blog kamu.

Warna yang saya maksud dalam artikel ini adalah warna theme/template dominan blog kamu, bukan warna pada foto atau gambar. Contoh warna tema adalah warna font, warna teks, warna judul posting, warna link atau tautan, dan lain sebagainya.

Tahukah kamu bahwa warna bisa mempengaruhi cara orang berpikir tentang blog kamu? Jangan sampai kamu kehilangan pengunjung dan pembaca potensial karena keliru memilih warna yang tepat untuk blog kamu.

Penerapan warna pada tema blog


Warna sangat berpengaruh pada sikap dan emosi kita. Warna juga memainkan peranan penting pada kualitas, kesesuaian dengan kepribadian, dan yang paling penting adalah keserasian dengan konten blog kamu.

Contoh sederhana, kamu pasti lebih merasa nyaman membaca posting di blog dengan warna hitam seperti tulisan ini dibandingkan dengan teks yang berwarna-warni, bukan? Itulah pengaruh dari memilih warna yang tepat.

Tidak ada aturan baku mengenai berapa macam warna yang bisa ditampilkan di sebuah blog. Tapi sebagian besar pakar kesehatan, psikolog, dan blogger senior menyarankan untuk tidak menggunakan lebih dari 3 macam warna tema dalam 1 blog.

Memilih warna berdasarkan target gender pengunjung


bagaimana memilih warna berdasarkan target pengunjung
Jika kamu memilih sebuah topik atau niche dengan target yang khusus berdasarkan gender, misalnya blog tentang fashion pria atau blog tentang tips kecantikan, kamu bisa menggunakan pedoman berikut:

Warna yang disukai wanita : Biru, Ungu, dan Hijau
Warna yang dijauhi wanita : Oranye, Coklat, dan Abu-abu
Warna yang disukai pria : Biru, Hijau, dan Hitam
Warna yang dijauhi pria : Coklat, Oranye, Ungu

Jika kamu memilih warna berdasarkan niche, pilih minimal satu dari 3 warna yang tersedia dan sebisa mungkin hindari warna yang sebaiknya dijauhi.

Memilih warna utama atau warna dominan blog


Jika blog kamu bukan merupakan blog dengan niche atau topik tertentu, kamu bisa memilih warna sesuai kepribadian kamu. Berikut adalah penjelasan masing-masing warna yang umum digunakan dalam blog :

Biru

skema warna biru
Biru adalah warna populer dalam dunia blogging dan web design. Warna biru bisa dipakai baik oleh pria maupun wanita. Sebagian besar pembaca juga menyukai warna ini karena sifatnya netral. Dalam psikologi warna, biru bisa membangkitkan perasaan tenang, keamanan, kepercayaan, dan keteguhan.

Merah

skema warna merah
Warna merah sering dikaitkan dengan emosi, kemarahan, dan agresi. Psikolog percaya bahwa warna merah bisa menyebabkan respon fisik seseorang ketika melihatnya. Jika kamu ingin menarik perhatian pembaca dan mendapatkan reaksi dari mereka, warna merah adalah warna yang baik. Blog dengan niche asmara, percintaan, dan kecantikan sering memakai tema dengan dominan warna merah.

Hijau

skema warna hijau
Ketika kita melihat warna hijau, yang terlintas di pikiran pasti tentang rerumputan dan alam. Warna hijau adalah warna yang segar dan sehat. Bahkan, warna hijau gelap (dark green) identik dengan uang (money). Blog dengan niche keuangan, finansial, broker, atau sesuatu yang berhubungan dengan alam dan kegiatan outdoor sangat cocok memilih warna ini.

Kuning

skema warna kuning
Kuning adalah warna yang tepat saat kamu ingin membangun komunikasi yang positif. Kuning juga menggambarkan kehangatan dan kreatifitas. Blog dengan tema kreatif atau penyedia desain bisa memilih warna kuning sebagai warna utama. Dalam sebuah halaman situs, warna kuning bisa menjadi elemen penarik perhatian bagi para pengunjung.

Oranye

skema warna oranye
Oranye memang bukan warna populer, bahkan seringkali dijauhi oleh banyak orang. Padahal warna oranye diketahui bisa membangkitkan perasaan senang dan gembira. Elemen warna oranye pada sebuah blog bisa menggugah keinginan seseorang untuk ikut merasakan emosi gembira penulisnya. Itulah sebabnya warna ini sering diaplikasi pada blog dengan tema makanan (food blogger), resep masakan, hingga komedi.

Coklat

skema warna coklat
Coklat, bukan cokelat ya. Karena cokelat itu makanan :D Dalam psikologi, warna coklat dikaitkan dengan tanah dan digambarkan dapat membangkitkan perasaan daya tahan, keteguhan, dan kekuatan. Tapi, coklat juga identik dengan sesuatu yang kotor. Kamu harus berhati-hati dalam mengaplikasikan warna ini dalam blog. Warna ini sering digunakan dalam blog atau website bertema industri, kuliner, dan travelling.

Merah muda

skema warna pink
Warna pink atau merah muda adalah warna yang feminin. Warna pink melambangkan sesuatu yang romantis, ceria, muda, dan menyenangkan. Pilih warna ini sebagai warna utama tema jika blog kamu berisikan sesuatu tentang wanita atau gaya hidup.

Ungu

skema warna ungu
Warna ungu cenderung dijauhi oleh kaum pria karena dianggap "warna janda", entah siapa pelopornya dahulu. Padahal warna ini sebenarnya cukup menarik. Ungu sering dianggap melambangkan kreatifitas, kerumitan, royalti, dan spiritual. Jika kamu seseorang yang introvert, atau menggemari hal-hal berbau supranatural (indigo), kamu bisa memakai warna ungu untuk menunjukkan jati dirimu.

Putih

skema warna putih
Warna putih melambangkan kesucian, kebersihan, dan kejujuran. Warna ini identik dengan warna latar belakang (background), dan teks atau tulisan yang berwarna gelap. Bisa juga menjadi warna huruf jika kamu memakai background gelap. Hindari memakai warna putih pada semua teks karena akan membuat blog kamu tampak monoton.

Hitam

skema warna hitam
Hitam adalah warna yang eksklusif. Warna hitam menggambarkan kekuatan, kelas yang tinggi, kecanggihan, kemewahan, dan sesuatu yang mahal. Hitam adalah warna yang sempurna untuk diterapkan di blog dengan tema apa saja. Tapi jangan gunakan warna ini pada blog dengan warna background yang juga gelap.

Itulah penjelasan saya mengenai bagaimana memilih warna tema (color scheme) yang cocok untuk blog kamu. Warna-warna di atas lebih sebagai referensi. Kamu bisa menggunakannya, atau berpikir kreatif dengan memanfaatkan warna-warna yang kurang populer.


Sumber bacaan:
Choosing the Best Colors for Your Blog, Bloguettes.com
How to Use the Psychology of Color to Increase Website Conversions, NeilPatel.com
How Color Psychology Affects Blog Design, LifeWire.com

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Warna untuk Tema Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel