VioMagz 2.8 Redesign versi Mas Aping

VioMagz 2.8 Redesign versi Mas Aping

Kali ini saya akan mengulas tentang template VioMagz Redesign hasil modifikasi ala blog Mas Aping. Kamu bisa menjadikan VioMagz Redesign ini sebagai bahan inspirasi untuk mempercantik blog yang kamu miliki.

VioMagz lagi hits banget di kalangan blogger karena responsive, loading website yang super cepat, dan sudah SEO ready. Desainnya sederhana dan minimalis, tidak banyak efek javascript fantastis yang membuat loading blog jadi berat dan lambat.

Pada rilis terbarunya yakni versi 2.8, Mas Sugeng selaku pencipta template VioMagz sudah melakukan banyak revisi dan perbaikan dibandingkan versi sebelumnya. Tapi untuk saya pribadi template VioMagz 2018 masih bisa ditingkatkan lagi fitur dan kemampuannya.

Setelah beberapa kali mengutak-atik template ini, saya berhasil membuat template VioMagz Redesign. Jika dibandingkan dengan template aslinya, perbaikan dan tambahan yang saya lakukan antara lain :
  • Ubah font pada judul posting
  • Menambahkan script Syntax Highlighter
  • Menambah script anti copy-paste
  • Hapus post thumbnail di halaman utama
  • Membuat posting 3 kolom di homepage
  • Ubah tampilan popular post di sidebar
  • Memindahkan container JS eksternal
  • Perbaikan cache browser pada script
  • Perbaikan DNS lookup di GTmetrix
  • Perbaikan expires header
  • Optimasi SEO pada breadcrumb
  • Optimasi SEO pada title tag
  • Menghapus sidebar di homepage, tapi tetap muncul di halaman posting
  • Menghapus icon Font Awesome dan mengganti dengan gambar SVG
  • Kompress beberapa bagian dari CSS untuk mengurangi total page size
  • Upgrade jQuery ke versi terbaru untuk kestabilan dan keamanan

Sebenarnya ide untuk menghapus post thumbnail (gambar posting di homepage) dan membuat menjadi 3 kolom full width karena saya memang ingin agar isi artikel atau konten blog menjadi bintang utama, bukan tampilan dan efek javascript-nya.

Alhasil, dengan modifikasi yang saya lakukan bisa membuat template Viomagz Redesign menjadi lebih cepat lagi, lebih SEO friendly, tapi tetap nyaman dipandang. Silahkan lihat screenshot hasil performa VioMagz Redesign di atas. Hasil tes per November 2018 blog ini berhasil menembus waktu loading di bawah 1 detik dengan skor PageSpeed dan YSlow masing-masing A (99%).

Update 22 Oktober 2018
Saya mengubah tampilan default VioMagz menjadi format posting 2 kolom dengan sidebar. Beberapa perombakan pada struktur theme dan perbaikan SEO pada beberapa elemen.

Update 11 November 2018
Saya ubah tampilan homepage dari posting 2 kolom dengan sidebar menjadi posting full width 3 kolom tanpa sidebar. Sidebar tetap muncul di halaman artikel. Homepage hanya menampilkan judul dan ringkasan.

Update 22 November 2018
Atas pertimbangan kenyamanan pengunjung saat datang ke blog ini, saya mengubah format homepage. Kini saya ubah tampilan homepage dengan judul posting dan gambar thumbnail tanpa ringkasan.

Update 30 November 2018
Saya menghapus script ImgPx dari Staticaly yang membuat gambar jadi buram. Sekarang saya menambahkan iklan AdSense dan komentar Disqus yang berakibat turunnya rating dari GTmetrix, meski halaman masih tetap nyaman dibaca.

Update 6 Desember 2018
Sementara fitur komentar Disqus saya matikan dan pindah ke sistem komentar bawaan Blogger. Saya desain ulang dan perbaiki tombol Balas komentar yang error.

Baru-baru ini ada yang mengomentari saya "terobsesi dengan GTmetrix" katanya 😂 Blogger "senior" itu rupanya tidak tahu buat apa platform seperti GTmetrix dibuat. Dia belum sadar bahwa kecepatan loading website sangat mempengaruhi kenyaman membaca setiap pengunjung.

Dicatat, ya... Kecepatan loading saat dibuka pengunjung, bukan bot dari GTmetrix atau malah bot Google yang cuma nangkep halaman TANPA SCROLL 😆 Ingat, yang baca tulisan kamu itu manusia, bukan robot. Pahami itu.

Membangun sebuah blog atau situs web berarti mengutamakan kenyamanan pengunjung alih-alih mengelabui Google Pagespeed ataupun GTmetrix. Itulah sebabnya saya mengoptimalkan setiap elemen blog agar tampil cepat dan ringan.

Buat apa punya blog dengan fitur canggih seperti dark mode, change layout view, dan lain sebagainya tapi pembaca sebal? Lihat saja sendiri betapa lambat loadingnya dan berat saat di-scroll karena kebanyakan iklan dan efek javascript 😑 Itu artinya, pengunjungmu datang karena terpaksa!

Berlangganan artikel terbaru

3 Komentar untuk "VioMagz 2.8 Redesign versi Mas Aping"

  1. siap, mampir mas

    BalasHapus
  2. Wah, blog + nama saya ditulis disini.. hhe...
    Hasil nya keren mas..
    Btw, widget sosmed blog ini jga keren. Ada tutornya kah mas??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matur nuwun sudah sudi mampir ke gubuk saya :)
      Tutorial widget socmed ada kok di sini:
      https://masaping.blogspot.com/2018/11/cara-membuat-widget-social-media-responsive-di-blog.html

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel