Cara Makan Bawang Putih Mentah - Penyu Biru

Cara Makan Bawang Putih Mentah

Cara Makan Bawang Putih Mentah
Sepertinya tidak sulit untuk mencari manfaat bawang putih di internet. Kamu bisa menemukan banyak sekali website yang membagikan artikel khasiat dari bawang putih, apa itu bawang putih, sampai resep bawang putih.

Tapi bagaimana cara konsumsi bawang putih sebagai obat atau untuk menjaga kesehatan yang benar? Berikut saya sajikan tips dan triknya. Selamat membaca 😃

Khasiat Bawang Putih


Bawang putih sudah dikenal sejak zaman dahulu sebagai obat yang manjur untuk banyak jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga kronis seperti :
  • Mengobati kolesterol
  • Menurunkan tekanan darah tinggi
  • Mengobati infeksi paru-paru
  • Mengatasi keputihan
  • Mengurangi jerawat
  • Meredakan sakit gigi
  • Mengobati sinusitis
  • Meredakan flu dan demam
  • Meredakan batuk dan pilek
  • Mengobati radang tenggorokan
  • Mencegah alzheimer
  • Mengobati jamur di kulit
  • Mengobati infeksi telinga
  • Membunuh parasit
  • Mengobati mastitis
  • Mencegah kanker
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Mengatur kadar gula darah
  • Menurunkan berat badan
  • Menambah gairah seksualitas

Cara konsumsi bawang putih


Untuk digunakan sebagai pengobatan, sebagian besar caranya adalah dengan mengkonsumsi secara langsung. Atau dengan bahasa sederhana, makan bawang putih mentah-mentah. Tentu saja tidak banyak orang yang mau dan "sudi" makan bawang putih mentah. Selain karena bau dan rasanya, "after taste" seperti bau badan dan bau mulut yang tidak sedap juga jadi sebabnya 💩

Biar bagaimanapun, untuk mendapatkan manfaat dari khasiat bawang putih harus dengan mengkonsumsinya secara langsung. Lalu bagaimana cara makan bawang putih mentah? Yuk, simak tips makan bawang putih mentah !

Mengunyah dan telan


Cara menelan Bawang Putih Mentah
Cara ini adalah yang paling banyak dianjurkan tapi juga bisa dibilang paling ekstrim. Dengan mengunyahnya secara langsung, bawang putih akan jadi lebih halus dan mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hasilnya, penyakit yang kamu derita akan lebih cepat pulih karena lambung kamu tidak perlu bekerja keras menghancurkan si bawang putih. Tapi... Cara ini juga membuat aroma bawang putih menyebar ke seluruh rongga mulutmu. Membuat aroma napasmu menjadi tidak sedap untuk jangka waktu yang lebih lama 😖

Menelan bulat-bulat


cara makan bawang putih tunggal
Ini adalah cara paling tidak biasa. Dengan menelan secara utuh, kamu bisa mendapatkan seluruh manfaat bawang putih tanpa harus merasakan dampak dari aromanya. Meski secara teori bisa dilakukan, menelan bawang putih secara utuh bisa menjadi hal yang sulit dan berbahaya. Banyak kasus orang tersedak bawang putih utuh sehingga harus mendapatkan perawatan di rumah sakit 😓 Lalu bagaimana cara terbaik untuk menkonsumsi bawang putih mentah?

Potong kecil-kecil


makan bawang putih tunggal
Ambil beberapa siung bawang putih kemudian iris seukuran pil obat. Potongan bawang putih kemudian bisa kamu telan dengan mudah tanpa mengunyahnya. Untuk kamu yang benar-benar tidak suka dengan rasa dan aromanya, saat menelan letakkan potongan bawang putih di ujung belakang lidah. Dengan begitu akan lebih mudah ditelan dan tidak terasa di mulut kamu.

Kunyah dengan gusi


Cara makan bawang putih untuk obat
Cara ini memang mirip dengan mengunyah secara langsung. Bedanya, disini kamu memakai gusi, bukan gigi kamu. Letakkan potongan kecil bawang putih di belakang gigi geraham kamu lalu kunyah dengan gusi. Setelah dirasa halus baru ditelan. Cara ini memang akan membuat aroma bawang putih keluar, tapi tidak sampai membuat aroma mulutmu jadi tidak sedap. Tidak semua orang bisa melakukan cara ini karena faktor susunan gigi. Misalnya tidak ada gusi di belakang geraham terakhir atau faktor lainnya 😀

Campur dengan madu


makan bawang putih dengan madu
Potong bawang putih kecil-kecil kemudian campur dengan madu. Bisa juga dengan meremukkan bawang putih dengan ulekan / cobek (di-geprek; Jawa) sebelum dicampur madu. Lalu telan dengan bantuan sendok. Cara ini selain menyamarkan aroma dan rasa bawang putih, kamu juga mendapatkan manfaat tambahan dari madu.

Campuran sambal


Orang Indonesia suka sambal, tak terkecuali kamu 😛 Sambal bawang adalah salah satu sambal favorit yang paling mudah dibuat. Ambil 2-3 siung bawang putih yang sudah dibersihkan dan lumatkan bersama 7-10 buah cabai atau sesuai selera. Tambahkan garam, sambal bawang yang nikmat dan  penuh manfaat siap kamu konsumsi.

Sebagai olesan roti


bawang putih untuk olesan roti
Beberapa restoran Italia dan Perancis banyak menggunakan metode ini dalam masakan mereka. Hancurkan atau potong kecil-kecil bawang putih mentah kemudian campur dengan 2 sendok teh mentega. Gunakan sebagai bahan olesan pada roti.

Bagaimana? Sudah tahu 'kan cara konsumsi bawang putih mentah-mentah? Kamu tinggal pilih mau pakai cara yang mana. Punya tips yang lebih hebat lagi? Yuk bagikan di kolom komentar dibawah ini 😃

Tips
  • Untuk memudahkan proses menghaluskan bawang putih, rebus bawang putih selama 1 menit. Perebusan akan mengurangi aromanya dan membuatnya lunak sehingga lebih mudah ditelan.
  • Untuk mengurangi aroma dan rasa bawang putih yang tidak sedap, pilihlah minuman berbasis susu saat kamu mengkonsumsinya secara langsung.


Artikel Cara Makan Bawang Putih Mentah Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Kesehatan kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Cara Makan Bawang Putih Mentah ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 komentar pada "Cara Makan Bawang Putih Mentah"

  1. Kalau saya biasanya digoreng dulu wkwk,,,,dimakan mentah gak kuat rasanya pahit pahit getir,,,

    BalasHapus
  2. Waktu aku kuliah, temen2 yg wrna negara China, selalu rutin makan bawang putih. Mereka bikinnya dlm bntuk udh dicacah dan dicampir dlm minyak, tp ga tau deh minyak apaan. Pokoknya tiap makan, itu bawah putih dicampur ke makanannya mas.

    Tapiiii ada dosenku yg orang India, dia menentang bawang putih, dgn alasan bawang putih itu bisa merusak organ tubuh. Coba aja tempelin di kulit, pasti ada bekas kyk gosong krn memang itu panas. Itu alasan dosenku yg org india ga mau memakan bawang putih. Kalo bawang merah bgs, tp putih ga menurut dia.

    Apapun itu, aku sendiri emoh makan bawang putih, kecuali udh dijadiin saus krim ato digiling dgn bumbu lainnya hahahaha

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel