Apa Itu Niche Blog

Apa Itu Niche Blog
Hari ini saya akan membahas tentang niche blog. Apa itu niche blog? Padanan kata yang lebih cocok untuk niche adalah topik. Dalam dunia blogging ada 2 jenis blog yang bisa kita kelompokkan, yakni daily blog (atau lifestyle blog) dan niche blog.

Jenis-jenis blog


Daily Blog adalah blog yang paling awal dikenal dan dikonsepkan sejak awal mula platform seperti Blogger dan Wordpress diluncurkan. Layaknya diari, tema daily blog bisa bermacam-macam. 1 blog bisa memuat berbagai macam topik yang berbeda.

Sebaliknya, niche blog adalah jenis blog dengan konsep, tema, atau topik yang spesifik. Biasanya fokus pada satu topik yang sama seperti daerah, komunitas, tutorial, internet, SEO, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan daily blog yang kini tidak banyak digemari karena umumnya berisi curhatan hati, opini, bahkan rumpi; niche blog berusaha memikat pengunjung dengan tema artikel yang spesifik.

Sederhananya, niche blog menuliskan artikel dengan tema atau topik yang selalu sama pada setiap tulisannya. Contoh, blog dengan niche SEO maka semua artikelnya membahas tentang teknik-teknik menjalankan SEO.

Sedangkan daily blog topiknya bisa berubah-ubah sesuai isi hati atau pikiran sang penulis. Misalnya hari ini tentang Cara Mengolah Madu, besok Cara Pasang Syntax Highlight di Blog, dan seterusnya.

Kadang untuk membedakan jenis blog kita cukup memperhatikan judul blognya. Contoh, Blog Mas Aping, dari namanya pasti isi konten lebih pribadi dan tidak fokus pada 1 tema atau topik saja.

Tapi jika kamu melihat blog Senapan Lokal, pasti langsung tahu bahwa blog tersebut membahas tentang dunia senapan. Atau blog Juragan Fx yang membahas seputar dunia forex. Keduanya berjenis niche blog, artinya tema atau topik blognya terfokus dan spesifik.

Macam-macam niche blog


Niche blog masih dibagi ke dalam 4 golongan antara lain :
  1. Whole niche, contoh tentang fashion
  2. Broad niche, contoh tentang sepatu
  3. Themed niche, contoh tentang sepatu baru
  4. Micro niche, contoh tentang koleksi sepatu baru Nike

Semakin sempit niche suatu blog maka semakin spesifik juga target pembacanya. Jika orang lain mencari artikel sesuai niche yang kamu tentukan, bukan tidak mungkin situs blog atau website kamu muncul di peringkat teratas hasil pencarian.

Kenapa memilih niche blog?


Blog dengan niche tertentu memang punya topik yang terbatas. Kamu dituntut lebih kreatif dalam menulis konten dan mengolah topik blog. Keuntungannya, kata kunci lebih organik dan artikel kamu lebih mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google.

Dengan topik yang sama, pengunjung blog kamu tidak perlu pindah ke situs lain karena semua yang mereka butuhkan sudah ada di blog kamu. Pembaca juga lebih percaya pada tulisan di blog dengan niche daripada daily blog karena pembahasannya lebih runtut dan mendalam.

Keuntungan memilih niche blog


Blog dengan niche tertentu lebih mudah dioptimalkan SEO-nya. Kata kunci atau keyword yang dipakai akan mampu mendongkrak popularitas blog di mata mesin pencari.

Jika kamu berpikir untuk menghasilkan uang dari blog, niche blog adalah pilihan yang tepat karena Google Adsense memang menyukai blog dengan niche tertentu. Dengan niche yang spesifik, maka tema iklan yang ditampilkan juga akan sama dengan blog kamu.

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Niche Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel