Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain - Penyu Biru

Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain

Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain

Bagaimana cara mencegah artikel yang sudah kita tulis dengan susah payah tidak dicuri atau diplagiat orang lain? Kita tentu tidak ingin tulisan kita dicopy-paste begitu saja oleh orang lain. Bahkan lebih buruknya lagi, diakui sebagai tulisan miliknya.

Sebenarnya Google dan mesin pencari lainnya seperti Bing, Yahoo, DuckDuckGo tidak bodoh. Mereka memiliki algoritma tertentu yang bisa mengetahui dan membedakan, mana yang artikel asli dan mana yang hasil copas belaka.

Tapi memang, segala sesuatu buatan manusia tak pernah sempurna. Ada saja artikel plagiat hasil copy paste lolos dan malah bertengger di puncak hasil pencarian. Hal ini tentu membuat jengkel.

Solusi mencegah tulisan kita dicopas orang


Sampai saat ini tidak ada cara yang dijamin 100% membuat artikel kita tidak bisa diplagiat orang lain. Tapi setidaknya kita bisa mengurangi keinginan mereka untuk tidak copy-paste artikel kita.

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memasang script atau kode anti copy paste di blog. Cara ini bisa kamu lakukan dengan mengikuti tutorial di sini.

Meskipun cukup ampuh, script ini lemah terhadap jenis plugin atau script Auto Generated Content (AGC). Tukang copas berpengalaman juga bisa dengan mudah men-disable script ini melalui Inspect Element, atau copy paste langsung melalui page source.

Ubah teks menjadi gambar


Cara kedua adalah dengan mengubah teks menjadi gambar. Cara ini paling ampuh, sekaligus jadi yang paling merepotkan. Intinya, semua teks yang ada di blog kamu satu per satu diubah menjadi gambar. Jadi sang plagiator terpaksa harus mengetik ulang tulisan kamu untuk copy paste 😋

Kelemahannya, tentu cara ini akan sangat memakan waktu dan tenaga. Selain itu, tulisan kamu jadi tidak bisa terindex dengan Google karena sudah menjadi gambar/image.

Tapi masih ada cara lain, yakni dengan menggunakan gambar transparan berukuran 1x1 pixel untuk membungkus keseluruhan artikel. Teknik ini membutuhkan pengetahuan coding yang cukup baik karena jika salah mengaplikasi, bisa-bisa artikel tidak diindex oleh Google.

Ubah pengaturan umpan situs


Pada Blogger, kamu bisa menggunakan fasilitas Umpan Situs atau Site Feed. Bukalah dashboard blog kamu lalu pilih menu Pengaturan kemudian pilih Lainnya. Pada kolom Umpan Situs , ubah "Ijinkan umpan situs" menjadi Ringkasan.

Dengan cara ini, program atau plugin AGC yang memanfaatkan sitemap atau peta situs jadi tidak bisa copy paste keseluruhan artikel.

Itulah beberapa cara untuk mencegah artikel kita tidak dicuri orang lain. Setidaknya, membuat mereka kesulitan untuk copy-paste tulisan kita. Semoga membantu.


Artikel Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Blogger kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada komentar pada "Cara Mencegah Artikel Dicuri Orang Lain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel