Resep Kentang Goreng Renyah - Penyu Biru

Resep Kentang Goreng Renyah

Sebenarnya resep ini iseng saja saya reka-reka sendiri. Belajar dari resep masakan lain yang coba saya ganti bahannya dengan kentang ternyata hasilnya sangat bagus. Kentang goreng jadi renyah, tidak lembek, dan yang penting ENAK.. Ingin tahu resepnya? Lihat yuukk...

Resep kentang goreng SPECIAL:
  • 1 kg kentang
  • 2 siung bawang putih diiris tipis
  • 1 sdm garam (atau sesuai selera)
  • Air mentah/matang 500ml atau sampai seluruh kentang terendam sempurna.
  • Penyedap rasa, penambah aroma, atau perasa apa saja (misalnya masako atau cabe bubuk kalau mau pedas)
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya (tips: pakai minyak sayur biar hasilnya lebih enak)
Cara memasak:

  1. Kentang dikupas kulitnya kemudian dicuci dengan air bersih dan diiris memanjang (kira-kira seperti di restoran fast food)
  2. Masukkan kentang yang telah diiris ke dalam panci, campurkan garam,  bawang putih, dan air.
  3. Rebus hingga air dalam panci mendidih sambil diaduk. Tiriskan kentang dan siram dengan air dingin.
  4. Goreng kentang dalam minyak panas hingga hampir matang kira-kira 1--20 menit (hingga kentang mengeras, tapi jangan sampai kecoklatan) kemudian ditiriskan.
  5. Diamkan kentang yang telah digoreng tersebut hingga menjadi dingin (biasanya sekitar 1 jam), taburkan bumbu/penyedap rasa (bisa juga perasa lainnya seperti cabe bubuk) kemudian masukkan ke dalam freezer.
  6. Jika ingin dimasak, goreng kembali kentang tersebut sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Beres dech. Kentang goreng spesial siap dihidangkan panas-panas dengan sambal botolan.


Tips:
  • Pilih kentang berbentuk lonjong dan bundar, bisa juga memakai kentang impor varietas Russet Burbank
  • Sebelum disajikan, pastikan minyak yang menempel pada kentang benar-benar hilang, caranya dengan menggunakan tissue bersih yang ditempatkan di dasar mangkuk/piring agar minyaknya cepat diserap.
Kentang yang digoreng dengan cara ini lebih awet (tidak gampang lembek) dan tentunya renyah. Selamat mencoba :D


Artikel Resep Kentang Goreng Renyah Selesai!

Demikian posting Penyu Biru pada kategori Kuliner kali ini. Jika kamu merasa tulisan saya tentang Resep Kentang Goreng Renyah ini bermanfaat, mohon kesediaannya untuk meninggalkan komentar atau bagikan artikel ini ke media sosial 🙏

Berlangganan artikel terbaru via email :

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

73 komentar pada "Resep Kentang Goreng Renyah"

  1. [...] dahulu sebelum digoreng dan kemudian diangin-anginkan, bisa menjadi pilihan (lihat artikel: Resep Bikin Kentang Goreng Renyah). Setiap 3 ons sajian mengandung sekitar 180 kalori, 6 gram lemak, dan 1 gram lemak [...]

    BalasHapus
  2. Bener Gk Kentangnya Di rebus Dulu

    BalasHapus
  3. Benar, dengan direbus, bumbu-bumbu yang disertakan bisa lebih meresap ke dalam kentangnya.. :)

    BalasHapus
  4. lailatul masyrifah30/12/09

    thanks atas infonya....

    BalasHapus
  5. kalau kentangnya tidak direbus...apa akan berbeda hasilnya????

    BalasHapus
  6. terimakasih sudah berbagi info,,^_^

    BalasHapus
  7. Naufal nanda1/5/10

    "okeeeeee"

    BalasHapus
  8. hellen12/5/10

    thank's yap's atas informasii.na

    BalasHapus
  9. Riaphilip22/5/10

    Mending direbus apa dikukus?

    takutnya kalo direbus bumbunya jadi buyar...

    ada resep ayam kentucky ga...
    Trims y resepnya..

    BalasHapus
  10. apriyanti17/8/10

    thanks ya resepnya, mo langsung ak coba nich.......

    BalasHapus
  11. kalao obyeknya ga kentang tapi kacang gimana,
    apa perlakuannya sama ?

    BalasHapus
  12. tak coba dlu mas..
    klo brhasil tk kabari

    BalasHapus
  13. makasih info ya bang .klau bikin kripik kentang ap sm cara ya..? dan tlng sy ingin beli bungkus kripik kentang yg ad tulisan ya POTATO itu beli di mana ya tlng minta alamat ya / toko ap...? tolong di bls di email/phon +85251653077 makasih

    BalasHapus
  14. tlng sy bang sy cr toko /alamat bungkus kripik kentang yg ada tulisan ya POTATO alamat indo. dan tmpt sy di madiun tlng di bls di email / phon +85251653077 mksh

    BalasHapus
  15. wahhh terima kasih info ya mas sy udah nyoba hasil ya baguss sekali

    BalasHapus
  16. nanti saya coba,smg uenakkk

    BalasHapus
  17. sukirno7/3/11

    Wah ini sepertinya resep baru, apa seperti di restoran kentuky buatnya juga seperti ini, karena saya pernah beli kentuky sambil nunggu diberi kentang goreng, sip sip

    BalasHapus
  18. kya'a enak tuh w cba akh,..

    BalasHapus
  19. riza2/6/11

    mksh ya buat info nya,moga manfaat buat q

    BalasHapus
  20. air yg buat di rebus itu seberapa banyak ?

    BalasHapus
  21. arsyil yasari21/6/11

    thanks........, pas bgt saya juga suka french fries!!

    BalasHapus
  22. air dingin yg disiram itu .... air yg dari kulas atau air biasa

    BalasHapus
  23. kan ada tulisannya 400 ml. hadeeeeehhhh

    BalasHapus
  24. DDede HH11/11/11

    kalo buat d jual dalam kemasan bisa tahan lama gak???? balas yah

    BalasHapus
  25. saya mau coba buat hari ini dech...

    BalasHapus
  26. coba ah.....anakku dah pingin bgt makan kentang goreng renyah mau beli mahal kalu ada resepnya mending buat sendiri bisa banyak

    BalasHapus
  27. mujiyono16/12/11

    thank banget infonya,soalnya mau jualan kentang goreng..numpang copy ya mas.

    BalasHapus
  28. harianto19/12/11

    supaya kentang hasil rebusan tadi disimpan untuk beberapa lama bisa tahan ngak ya mas ? soale saya pernah coba hasil setelah masuk pendingin warna berubah jadi kehitam-hitaman. apa ada solusi lain ?

    BalasHapus
  29. Cobalah dengan memasukkan kentangnya ke bagian freezer agar benar-benar beku. Jika kurang dingin, misalnya disimpan di kompartemen bawah, kentang akan mengalami pembusukan meskipun lebih lambat daripada jika disimpan di luar ruang.

    BalasHapus
  30. Silahkan, semoga membantu :)

    BalasHapus
  31. soalnya sy klo bkin stik kentang,,jdi lembek gk keras,,tuh bener cranya yg d sebutin gk bikin lembek tnks dah berbagi,,,

    BalasHapus
  32. Mas sya gagal membuat goreng pisang yg banyak kriuknya ? bagaimana cara nya mas ??:d
    tolong donk ksaih tahu sya . karena sy hobi makan pisang goreng yg renyah dan kriuk-kriuknya..!! terimakasih..!!

    BalasHapus
  33. Kalau tidak direbus dahulu, kentang memang hasilnya keras tapi cepat jadi lembek lagi (pengalaman pribadi sih)

    BalasHapus
  34. Kalau dikukus lebih repot ya dan yang meresap biasanya aroma bawang saja sementara "rasa" bawangnya tidak :)

    BalasHapus
  35. Kacang apa? Belum pernah coba nih kalau kacang :D

    BalasHapus
  36. Untuk keripik berbeda ya. Biasanya kalau ingin membuat keripik kentang, kentang direbus sampai matang, dihancurkan lalu dicampur bumbu-bumbu, dibentuk dan dikukus. Kemudian dipotong tipis-tipis, dikeringkan, baru digoreng dan ditambah perasa. Itu kalau tidak salah :)

    BalasHapus
  37. Sedikit ribet memang, tetapi hasilnya bagus kok :)

    BalasHapus
  38. Air biasa saja, pakai air dingin dari kulkas lebih bagus tapi tidak sayang tuh? 'kan langsung dibuang airnya ;p

    BalasHapus
  39. Maksimal sekitar 6 jam saja ya, itupun kalau jenis kentang dan minyak untuk memasaknya bagus (misal: kentang Russet burbank, minyak: Minyak Beku)

    BalasHapus
  40. Kalau pisang cara memasaknya berbeda ya dengan cara masak kentang :)
    Untuk pisang pakai bumbu jadi saja banyak kok yang jual di supermarket/minimarket dan harganya juga relatif murah. Kalau pakai tepung modifikasi sendiri juga bisa tapi saya lupa caranya :D

    BalasHapus
  41. fitri28/2/12

    gak perlu pake kapur sirih untuk merendamnya ya??? wah,. jd dapat ide.. mungkin bisa digunakan buat sambel goreng kentang juga ya biar kentang yg udah dipotong tipis bisa tetep renyah????

    BalasHapus
  42. meymey13/3/12

    wah aku pecinta kentang,,
    hahaha mantaff ya..

    BalasHapus
  43. air dingin nya yang dimksd air es kh mba?

    BalasHapus
  44. ini nii yang mau ku coba...hahahaha

    BalasHapus
  45. enakkkkkkk ehhmm lezat ni saya lagi buatin tuk makan malam

    BalasHapus
  46. kalau kentangnya gk lonjong gimana

    BalasHapus
  47. kentang goreng22/4/12

    Wah mantep banget gan. ane udah nyoba enak . tapi kentang nya jadi kecil banget ya. di bage bertiga pula wah ga cukup ^^

    BalasHapus
  48. bondan26/4/12

    Terang aja enak kan pakai penyedap rasa boss.nggak bagus wat kesehatan, coba pakai bumbu alami seperti rempah2..

    BalasHapus
  49. loena13/5/12

    aq udh nyobain tp ga renyah malah lembek, knp y???bingung salah d apanya neh,,,

    BalasHapus
  50. YoonYa Nana16/5/12

    wiuhhh.. makasih ya.. uenak banget loh hasilnya... kriuk banget

    BalasHapus
  51. [...] : http://safril.wordpress.com/2009/04/12/resep-bikin-kentang-goreng-renyah/ Share this:EmailTwitterFacebookPrintRedditLike this:LikeBe the first to like this [...]

    BalasHapus
  52. dicoba dulu, baru komentar....
    Loh lha ini dah komentar!!!jadi bingung???

    BalasHapus
  53. c'block'd11/6/12

    terima kasih atas infonya.
    oh, baru tahu kalau kentang'a harus direbus dullu :??

    BalasHapus
  54. rebus kentangnya berapa lama setelah mendidih airnya?di siram dengan air dinginya saat kentang msh hangat atau sudah dingin?

    BalasHapus
  55. mantap resepnya. ternyata agak lebih ribet dari yang biasa kalo bikin sendiri. :?

    BalasHapus
  56. makasih resepnya:)
    barucan coba praktekin,dan beneran kentangnya renyah..
    tx for sharing:)

    BalasHapus
  57. merry28/7/12

    ntr gue cobain buat buka puasa

    BalasHapus
  58. kentangnya jenis yang putih apa yg kuning ya mba

    BalasHapus
  59. clara10/8/12

    Kentang jenis Russet, dimana belinya ya.

    BalasHapus
  60. balqees16/8/12

    bisa dicoba nih

    BalasHapus
  61. Balqees Queen16/8/12

    kalau kentang wonosobo bisa nggak ya?

    BalasHapus
  62. Honocoroko Duduwongjowo16/8/12

    kalau kentang wonosobo bisa nggak ya?

    BalasHapus
  63. sementara dimasaK....ribet sich alx tunggu 1 jam lagi buat pendinginan....tp penasaran juga buat liat hasil akhirnya.... :)

    BalasHapus
  64. eno cute30/8/12

    emmm boleh dcoba nie....
    cya pling suka kentang goreng d KFC...
    sama gak yea resepx?

    BalasHapus
  65. mantap gan idenya...........

    BalasHapus
  66. debora6/9/12

    jadi pngen coba ^_^

    BalasHapus
  67. thanks resepnya....selesai baca resep ini langsung saya coba, hasilnya benar-benar renyah n enak lagi.....

    BalasHapus
  68. Eh, sama. Saya juga suka makn pisang goreng sambil ngopi kalo pagi-pagi. Begini caranya Om/Tante: tepung terigu dicampur tepung tapioka. 5sdm muncung tepung terigu dicampur 3 sdm tepung tapioka trus kasih garam dikit n vanili bubuk,
    Pasti enak. Atau kalo mau, goreng pisangnya pake tepung maizena, jangan terlalu cair ataupun jangan terlalu kental (tapi kan mahal Om....)

    BalasHapus
  69. amidah rafa widodo22/10/12

    apa ngak perlu tepung biar renyah?

    BalasHapus
  70. kalo kentang lokal atao kentang biasa dijuala di apasaran gmn..? bisa,,?

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel