Kenapa Membuat Software Gratis?

Software gratis atau yg disebut freeware adalah software yang boleh di-download dan dibagikan secara gratis tanpa membayar lisensi atau royalti. Syaratnya, pengguna dilarang membuka source code (kode sumber) aplikasi yang bersangkutan dan memodifikasinya untuk kepentingan komersial.

Ada beberapa alasan seorang programmer membuat freeware.

Pertama, sebagai pemenuhan terhadap kepuasan batin. Seorang programmer merasa dirinya bermanfaat dan dibutuhkan oleh orang lain dengan membuat freeware. Kepuasan batin tentu tidak dapat dibeli dengan uang, bukan?

Kedua, sebagai uji coba sebelum merilis aplikasi yang sesungguhnya. Aplikasi dalam tahap beta misalnya, semuanya didistribusikan sebagai freeware.

Ketiga, sebagai media promosi. Ada beberapa aplikasi freeware yang dikeluarkan dengan beberapa pengurangan fungsionalitas. Harapannya, jika pengguna puas dengan aplikasi freeware tersebut, dan ingin merasakan fungsionalitas yang lebih, ia tidak ragu untuk membayar.

Dan yang terakhir adalah, donasi dari para pengguna yang puas. Di luar negeri, para programmer freeware tidak sulit mendapatkan donatur. Hmm, sepertinya yang terakhir agak sulit ditemukan di Indonesia ya?

Berlangganan artikel terbaru

1 Komentar untuk "Kenapa Membuat Software Gratis?"

  1. soft ware gratis itu bagus mas, tapi kenapa tidak langsung di up load aja biar bisa di down load oleh teman2. kalau cuma namanya aja yang gratis bagi saya khususnya itu belum namanya gratis itu hanya gratis info, mas.jadi bila ada tolong di up load.

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel