Perbandingan Notebook dan Netbook

Notebook atau laptop merupakan salah satu bentuk modernisasi yang mulai menjadi perangkat yang umum dalam kehidupan kita. Ide komputer portabel yang sebenarnya mulai dicetuskan pada era 80-an ini baru akhir-akhir ini dapat direalisasikan. Ini semua berkat kemajuan teknologi.

Dahulu, komputer portabel memiliki ukuran yang tidak dapat dibilang portabel, atau setidaknya tidak  nyaman untuk dibawa dalam perjalanan. Kinerja dan mobilitasnya pun dapat dibilang rendah. Semakin ringan dan kecil ukurannya, semakin tinggi nilainya. Sementara itu, mobilitas adalah daya tahan baterai sebuah notebook dalam konsumsinya ketika digunakan.

Dengan tingkat kecepatan modernisasi yang tampaknya tidak terbendung akhir-akhir ini, rasanya semua hal sudah mulai terkomputerisasi. Dari tempat kerja, dimana semua data dimasukkan dalam komputer, hingga tempat belanja, dimana perhitungan bahan belanjaan juga menggunakan perangkat komputer, terlihat jelas bahwa komputer sudah hampir merambah setiap aspek kehidupan kita.

Ukuran layar pada sebuah notebook memang merupakan bahan pembahasan yang cukup serius. Hal ini disebabkan karena ukuran layar juga menentukan ukuran keseluruhan sebuah notebook. Dengan teori phytagoras sederhana, ukuran diagonal layar berpengaruh secara langsung terhadap ukuran panjang dan lebar sebuah notebook.

Selama ini, pengguna notebook cukup nyaman dengan notebook yang menggunakan layar 14". Selain ukurannya masih dapat dibilang cukup portabel, kinerja yang ditawarkannya pun tidak terlalu berbeda dengan sebuah komputer dalam kondisi penggunaan kerja sehari-hari. Namun tampaknya, seiring dengan perkembangan jaman, pengguna notebook semakin menginginkan notebook menjadi lebih portabel dan memiliki kinerja yang semakin tinggi.

Namun sekarang, komputer portabel yang lebih umum disebut sebagai notebook tersebut sudah layak menyandang gelar komputer portabel sesungguhnya. Terlebih berkat kehadiran notebook-notebook kecil dengan ukuran layar 10" dan 12" yang kerap disebut netbook ini.

Penggunaan layar berukuran kecil, membuat netbook memiliki nilai portabilitas yang jauh lebih tinggi. Tak hanya itu saja, notebook-notebook ini ternyata juga memiliki kinerja yang patut diacungi jempol.

Perbedaan yang seringkali tampak mencolok adalah ketidak hadiran optical drive pada netbook, jumlah slot USB yang terbatas, dan dimensi keyboard yang kompak. Ukuran yang lebih kecil juga memaksa pabrikan untuk downgrade spesifikasi, lebih rendah dari kebanyakan laptop yang beredar di pasaran.

Berlangganan artikel terbaru

Belum ada Komentar untuk "Perbandingan Notebook dan Netbook"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel