1001 Manfaat dari Jeruk

Puluhan varietas jeruk ada di muka bumi. Dari yang bercitarasa asam hingga manis. Walaupun berbeda warna, bentuk dan rasa, jeruk memiliki eksamaan, yaitu kaya akan antioksidan, tinggi mineral dan vitamin C. Sekarang simak baik-baik 1001 manfaat jeruk yang ada di pasaran yuk !

Jeruk Bali (Citrus maxima)


Bentuknya besar dengan daging buah berwarna putih ataug merah muda. Jeruk ini memiliki cita rasa manis, asam dan segar karena banyak mengandung air. Jeruk bali mengandung vitamin B, provitamin A, vitamin B1, B2 dan asam folat. Setiap 100 g jeruk bali mengandung 53 kkal energi, protein 0,6 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 12.2 g, retinol 125 mcg, kalsium 23 mg dan 27 mg fosfor. Kandungan lain seperti flavonoid, pektin dan lycopene menjadikan buah ini semakin kaya akan zat-zat yang bermanfaat bagi kesehatan.

Beragam manfaat bisa diperoleh jika mengkonsumsi jus jeruk bali. Senyawa terkandung di dalam jeruk bali mampu mencegah kanker, menurunkan risiko penyakit jantung, melancarkan saluran pencernaan, menjaga kesehatan kulit, mencegah konstipasi, menurunkan kolesterol dan mencegah anemia.

Jeruk Manis / Orange (Citrus x sinensis)


Jenis manis mengandung betakaroten dan bioflavanoid yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah kapiler. Pektinnya juga banyak terapat dalam buah dan kulit jeruk, manfaatnya membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mingkatkan kolesterol baik (HDL). Jeruk juga berlimpah kandungan flavanoidnya, seperti flavanpis yang berfungsi sebagai antioksidan penangkal menangkap radikal bebas penyebab kanker. Flavanoid juga menghalangi reaksi oksidasi LDL yang menyebabkan darah mengental dan mencegah pengendapan lemak pada dinding pembuluh darah.

Jeruk juga kaya akan kandungan gula buah yang dapat memulihkan energi secara cepat. Jeruk juga kaya akan serat (dietary fiber) yang dapat mengikat zat karsinogen di dalam saluran pencernaan. Manfaatnya sembelit, wasir dan kanker kolon bisa dihindari.

Di dalam 100 g jeruk manis mengandung energi 51 kkal, protein 0,9 g, lemak 0.2 g, karbohidrat 11.4 g, kalsium 33 mg, fosfor 23 mg, besi 0.4 mg, retinol 57 mcg dan asam askorbat 49 mg. Jejruk juga kaya akan serat yang dapat memperlancar proses pencernaan.

Jeruk Lemon (Citrus medica linn)


Di samping kandungan vitamin C yang melimpah, jeruk lemon juga kaya dengan vitamin B, E, natrium, dan beberapa mineral mikro yang dibutuhkan tubuh untuk sisitem imunitas (kekebalan) serta mencegah virus penyebab influenza.

Lemon juga sarat dengan kandungan bioflavanoid yang berperan sebagai antioksidan pencegah kanker. Flavanoid jeruk lemon berfungsi menghalangi oksidasi LDL sehingga aterosklerosis penyebab jantung dan stroke bisa dihindari. Jeruk lemon juga berlimpah kandungan serat berupa pektin yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida.

Jeruk Nipis (Citrus auranfolia)


Banyak unsur senyawa kimia yang bemanfaat dalam jeruk nipis, seperti linalina setat, limonen, geranil asetat, sitral dan fellandren. Di dalam 100 gram buah jeruk nipis mengandung: vitamin C 27 mg kalsium 40 mg, fosfor 22 miligram, hidrat arang 12,4 g, vitamin B 1 0,04 mg, zat besi 0,6 mg, lemak 0,1 g, kalori 37 kkal, protein 0,8 g dan air 86 g. Jeruk nipis mengandung unsur-unsur senyawa kimia antara lain limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren, sitral dan asam sitrat.

Dengan kandungan yang melimpah itu, tak heran jika jeruk nipis ampuh menghadang amandel, malaria, ambien, sesak nafas, influenza, batuk; sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid; disentri, perut mulas, lelah, bau badan, keriput wajah. Tak kalah pentingnya, jeruk nipis mampu menghambat pembentukan kristal oksalat yang merupakan penyebab penyakit batu ginjal.

29 Komentar untuk "1001 Manfaat dari Jeruk"

  1. Kenvita29/10/09

    apakah ada info yang lebih lengkap lagi ?
    saya ingin mendeskripsikan buah-buah berjenis jeruk ini.

    BalasHapus
  2. Kenvita29/10/09

    ok. it's very good.

    BalasHapus
  3. Kenvita29/10/09

    saya mohon secepatnya.

    BalasHapus
  4. Maaf, tampaknya hanya posting artikel di atas yang ada di database blog.. Mungkin teman-teman ada yang bisa membantu Kenvita??

    BalasHapus
  5. [...] http://safril.wordpress.com/2007/05/14/1001-manfaat-jeruk/ [...]

    BalasHapus
  6. saya jual CD cara budidaya buah jeruk yg benar, hanya dgn harga 50 ribu/CD. jika berminat silahkan hub.saya di 081-911857815 atau email rozi679@gmail.com.

    terima kasih

    BalasHapus
  7. Hadeana14/3/10

    Thax for ur information about jeruk!

    BalasHapus
  8. Thaks for your information,,..

    BalasHapus
  9. Sunie21/3/10

    Selain itu jeruk jg fresh aroma nya.

    BalasHapus
  10. Orange is my best and favorite fruit ever.
    ^ ^

    BalasHapus
  11. Apakah ada yang bisa menjelaskan (mohon bantuan), kenapa jeruk nipis kok bisa menghilangkan kotoran dalam tangan, baju, dll. Apa bisa mohon penjelasan secara ilmiah kenapa?

    BalasHapus
  12. Makasih buat infonya gan, sukses ya . . .

    Wassalam,

    BalasHapus
  13. wahhhh waahh wah,,,,, bayak bagt ya,,, manfaatnya,,,, untung buah vaforit q jeruk ternyata pencegah sroke dan kanker juga ya,,,,,,,

    BalasHapus
  14. setahu q buah jeruk nipis itu buat ngangkat lamak dari piring... (misalnya)ya,,,mungkin karena ekstreaknya kali yang bau segar agak tajam itu....
    setahu q giti za,,, maae y,, kalau gak lengkap coz q masih kelas 1 SMP-IT baru masuk
    maaf y,,,,

    BalasHapus
  15. Nice info. Di sini juga ada jeruk loh.

    BalasHapus
  16. ternyata manfaat buah jeruk untuk
    tubuh banyak juga ya....

    BalasHapus
  17. Saya sangat suka jeruk....

    BalasHapus
  18. setyyo12/8/11

    makash info y .................

    BalasHapus
  19. [...] : http://safril.wordpress.com/2007/05/14/1001-manfaat-jeruk/ http://tipsku.info/manfaat-buah-jeruk/ [...]

    BalasHapus
  20. tQ informasi orange? the best

    BalasHapus
  21. Dhiela21/9/11

    Makasih bwt info nya. Sekarang saya jadi mengetahui ternyata banyak juga manfaat dari buah jeruk. I like it

    BalasHapus
  22. willy22/9/11

    tolong lebih lengkap lgi krna di sruh deskrisipkan oleh gru saya ya!!!!!!!
    tolong seklai!!!!!!

    BalasHapus
  23. willy gw tamplok22/9/11

    menarik mas infonya

    BalasHapus
  24. saya mah sukanya cuma jeruk manis.

    BalasHapus
  25. ternyata banyak juga ya manfaat dari jeruk

    BalasHapus
  26. Jeruk memang kaya manfaat baik untuk mencegah maupun mengobati penyakit.

    BalasHapus
  27. wow, pngin bnget ^^

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel