Yuk Pasang Tema dan Belajar Web Design dengan Wordpress!

Yuk Pasang Tema dan Belajar Web Design dengan WordPress!

WordPress merupakan salah satu platform yang banyak digunakan untuk membuat website. keunggulan dari platform CMS ini adalah mudah untuk dikelola bahkan oleh orang yang tidak tahu mengenai coding. Jadi, untuk belajar web design dengan WordPress sebenarnya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Sebelumnya, pastikan jika Anda sudah memiliki wordpress terlebih dahulu. Akan lebih baik jika Anda memiliki wordpress dengan domain berbayar. Dengan begitu, setelah Anda mengatur tampilan dari wordpress tersebut, Anda bisa langsung menggunakannya.

Pasang Tema

Setelah Anda memasang wordpress dengan benar, langkah selanjutnya adalah dengan memasang tema. Untuk memasang atau mengganti tema, Anda harus masuk dulu ke dashboard. Kemudian lakukan tahapan berikut ini:

  1. Masuk menu appearance.
  2. Pilih tema yang Anda inginkan. Jika tidak ada tema yang cocok dengan Anda, maka Anda harus mengunduhnya lebih dahulu kemudian mengunggah.
  3. Klik upload theme untuk mengunggah tema yang akan Anda gunakan. Setelah selesai, coba preview terlebih dahulu. Apakah sudah sesuai keinginan atau belum?
  4. Jika sudah, Anda bisa langsung mengaplikasikan dengan mengklik activate.
  5. WordPress Anda sudah memiliki tema yang Anda inginkan.

Mengatur Widget

Yuk Pasang Tema dan Belajar Web Design dengan WordPress!
Yuk Pasang Tema dan Belajar Web Design dengan WordPress!

Selain tema, dalam belajar web design dengan WordPress, Anda juga harus memperhatikan masalah widget. Widget merupakan item yang ditambahkan di sidebar, header ataupun footer di halaman website. Anda bisa saja tidak menambahkan widget jika Anda merasa tidak perlu.

Ada 2 cara untuk menambahkan widget yaitu:

  • Otomatis

Untuk menambahkan widget, Anda bisa lho menambahkan secara otomatis dengan klik appearance > widget. Di sini, Anda bisa memilih widget yang ingin ditampilkan di halaman website tersebut. klik dan pilih add to sidebar.

Untuk melihat tampilannya, Anda bisa klik di manage with live. Dengan ini, Anda bisa mengatur secara otomatis sambil mengetahui perubahan di website Anda. setelah itu, jangan lupa untuk disimpan ya, agar Anda tidak membuat ulang widget website di wordpress.

  • Custom

Biasanya, cara custom digunakan oleh jasa desain web yang profesional untuk klien. Jadi, jika Anda ingin menambahkan widget secara custom, tentu Anda harus tahu dan menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, CSS, XML. Fungsinya adalah untuk membuat tampilan dari website tersebut.

Jika Anda sudah membuat widget custom di text editor seperti notepad++. Setelah itu, Anda bisa memindahkannya ke widget API. Di sini, Anda dapat membuat widget custom dengan class WP Widget yang sudah disediakan.

Untuk menambahkan widget, pilih appearance > widget > widget custom yang sudah Anda buat. Kemudian, Anda hanya perlu untuk drag and drop ke lokasi seperti sidebar yang diinginkan. Coba preview dan lihat hasilnya.

Itulah cara untuk membuat desain web dengan wordpress. Semoga informasi ini bermanfaat untuk proses belajar web design dengan WordPress yang sedang Anda lakukan ya.