Tips Belajar Web Design untuk Pemula

Tips Belajar Web Design untuk Pemula

Saat ini, profesi sebagai web designer cukup diminati. Karena hal tersebutlah, banyak orang yang kemudian belajar bahasa pemrograman seperti HTML dan CSS agar bisa membuat web desain. Jika Anda salah satunya, maka Anda bisa simak tips web design untuk pemula sebagai berikut ini.

  • Fokus pada 1 Hal Dulu

Sebelum Anda mulai belajar web desain, Anda harus tahu terlebih dahulu. Jika Anda hendak membuat web desain secara manual dengan bahasa pemrograman, maka pelajari dahulu salah satu. Misalnya apakah HTML dulu atau CSS dulu.

Tips Belajar Web Design untuk Pemula
Tips Belajar Web Design untuk Pemula

Kenapa harus 1 hal dulu? Ini agar Anda bisa lebih fokus dan pikiran Anda tidak terpecah-pecah. Setidaknya Anda bisa memahami terlebih dahulu apa yang Anda pelajari. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah mempelajari web design.

  • Baca, Riset dan Dipraktekkan

Sama halnya ketika Anda kursus desain interior tetapi Anda tidak mengaplikasikan ilmu yang Anda terima, maka hasilnya akan percuma. Anda bisa membaca materi untuk membangun web desain sesuai dengan keinginan Anda. Namun, jika Anda tidak mengaplikasikannya, maka Anda tidak akan tahu hasilnya bagaimana.

Jangan lupa untuk melakukan praktek sesederhana apapun. Praktek ini tidak hanya akan membantu Anda mempermudah belajar web design untuk pemula tapi juga membantu Anda agar tidak lupa.

Lalu, untuk apa riset itu? Riset diperlukan untuk mengetahui selera pasar. Hal ini sangat membantu Anda terutama ketika Anda belajar web desain untuk keperluan bisnis.

Bagaimana jika untuk kepuasan diri sendiri? Selera pasar tentu akan membantu  Anda menemukan style desain Anda sendiri. Walaupun awalnya hanya untuk kepuasan pribadi, tetapi, jika hasilnya bagus, tidak menutup kemungkinan kalau orang lain akan menggunakan jasa Anda.

 

  • Up to Date

 

Jangan lupa untuk selalu mengetahui kabar terbaru mengenai dunia web desain. Bukan hanya sekedar bagaimana tampilannya namun juga teknologi yang digunakan. Jangan lupa untuk dipelajari karena siapa yang tahu di masa depan, paham tentang teknologi terkini bisa sangat membantu.

  • Pahami SEO

Web design memang hanya berkaitan dengan masalah desain website saja tetapi sedikit banyak juga berpengaruh pada SEO lho. Hal ini disebabkan karena pangsa pasar yang meminta website yang SEO friendly. Misalnya yang loadingnya cepat.

Jika Anda membuat website dengan desain yang rumit, maka loading website juga akan terpengaruh. Bisa jadi, loading website menjadi lebih lama. Alhasil, pengunjung enggan ke website ANda karena terlalu lama menunggu dan menyebabkan bounce rate meninggi.

Bila hal tersebut dibiarkan terus, maka skor DA dan PA akan berpengaruh dan SEO tidak bisa teroptimasi dengan baik. Jadi, tidak ada salahnya untuk tahu mengenai dasar SEO ya.

Dengan tips belajar web design untuk pemula tersebut, diharapkan bisa membantu Anda agar lebih mudah dan bersemangat lagi. Dengan begitu, bisa semakin mahir menguasai web desain.