Pengertian Ibadah Umroh, Syarat, dan Rukunnya yang Wajib Diketahui

Ibadah Umroh merupakan salah satu ibadah yang biasa dilaksakan oleh umat islam di seluruh dunia. Dengan kata lain, umroh merupakan ibadah ziarah ke kota mekkah dengan melaksanakan beberapa amalan yang diajarkan mulai dari niat/ihram, tawaf, sa’i hingga diakhiri dengan memotong rambut.

Bersegera untuk pergi umroh dengan niat untuk perubahan diri agar bisa menjadi lebih baik lagi di hadapan Allah swt adalah Tindakan yang tepat, karena setiap proses ibadah umroh yang dilakukan adalah diajarkan banyak hal untuk menggapai predikat hamba terbaik.

Umroh membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari biaya pesawat, hotel, makan hingga perjalanan-perjalanan lainnya yang membutuhkan transportasi di Mekkah juga di Madinah. Maka dari itu Umroh bersifat wajib bila mampu dalam artian sehat walafiat dan juga memiliki dana yang cukup.

Syarat Melaksanakan Ibadah Umroh

Terdapat beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi sebelum kita dapat melaksanakan ibadah ke tanah suci, karena jika persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi maka kewajiban seseorang tersebut untuk melaksanakan ibadah umroh akan gugur.

Syarat tersebut diantaranya:

1.  Beragama Islam

2. erakal Sehat dan Aqil Baligh

3. Merdeka dari Perbudakan

4. Memiliki kemampuan secara Kesehatan fisik dan finansial

5. Bagi Wanita harus ada mahramnya

 

Hukum Melaksanakan Ibadah Umroh

Melaksanakan ibadah umroh memiliki hukum yang berbeda-beda menurut para Ulama. Pendapat Imam Syafii dan Imam Hambali mengatakan bahwa ibadah umroh hukumnya wajib dalam satu kali seumur hidup bagi yang mampu.

Imam Maliki dan Imam Hanafi memiliki pendapat yang sedikit berbeda, yaitu menyatakan bahwa ibadah umroh hukumnya adalah sunnah muakkadah.

Rukun Umroh

Melaksanakan ibadah umroh tentu memiliki rukun-rukun yang wajib dipenuhi. 5 rukun tersebut diantaranya:

1. Niat/Ihram: Umat muslim wajib mengenakan pakaian ihram dan melakukan niat dan miqat

2. Tawaf: Melaksanakan ibadah umroh artinya setiap umat islam wajib mengelilingi ka’bah dan tawaf atau berputar sebanyak 7 kali, dimulai dari posisi hajar Aswad dan mengucapkan “Allahu Akbar” hingga berakhir Kembali di Hajar Aswad.

3. Sa’i: Lari-lari kecil dari bukit shafa ke bukit marwah yang dilakukan sebanyak 7 kali.

4. Tahallul: Merupakan penutup dari rangkaian ibadah umroh yaitu melepaskan diri dari larangan ihram dengan cara memendekkan atau menggunting rambut paling sedikit tiga helai.

5. Tertib: Ibadah umroh perlu dilakukan sesuai dengan urutan rukun dan ketentuannya.

 

Itulah syarat, hukum, serta rukun, dalam melaksanakan ibadah umroh. Jika diantara kalian berencana umroh dalam waktu dekat, kalian mencari paket umroh januari 2023 di sini.