Pengertian dan Manfaat Backlink Dofollow

Pengertian dan Manfaat Backlink Dofollow

Mungkin Anda pernah mendengar apa sih backlink dofollow itu? Apa manfaat backlink dofollow? Apa spesialnya jenis backlink ini dibandingkan backlink yang lainnya?

Backlink dofollow merupakan backlink yang memungkinkan mesin pencari untuk melakukan crawling sehingga link Anda bisa diindeks. Penasaran dengan manfaatnya? SImak informasi berikut ini.

Pengertian Backlink Dofollow

Backlink dofollow memiliki arti yaitu link yang tidak memiliki atribut apapun, seperti nofollow. Jadi, Anda tidak perlu untuk melakukan konfigurasi lagi untuk pemasangan backlink.

Berbeda dari backlink nofollow, backlink dofollow memungkinkan link bisa terindeks oleh mesin pencari. Jadi, bukan hanya sekedar ‘pemberitahuan’.

Untuk mengetahui apakah website tersebut memiliki backlink dofollow atau nofollow, Anda bisa menggunakan “view page source”. Kemudian Anda bisa cari apakah ada tulisan “nofollow” atau tidak.

Jika ada maka artinya, backlink tersebut adalah backlink nofollow. Sebaliknya, jika tidak ada, artinya backlink tersebut adalah backlink dofollow.

Sayangnya, ketika Anda tidak mengaplikasikan backlink dofollow dengan baik, maka backlink Anda akan dianggap spam oleh Google. Alhasil, backlink yang Anda bangun tidak akan optimal.

Manfaat dari Backlink Dofollow

Pengertian dan Manfaat Backlink Dofollow
Pengertian dan Manfaat Backlink Dofollow

Lantas, apa manfaat dari backlink dofollow dan apakah backlink dofollow lebih berperan daripada backlink nofollow?

Masing-masing backlink seperti dofollow atau nofollow memiliki peran atau manfaatnya masing-masing. Jadi, tidak ada yang lebih berperan di situasi yang berbeda-beda.

Lalu, apa manfaatnya backlink dofollow bagi website?

(cek: cara cek da pa lewat aplikasi

Ada berbagai macam manfaat dofollow, diantaranya:

  • Proses Index Website Lebih Cepat

Ketika Anda menggunakan backlink dofollow, maka proses index akan berjalan dengan lebih cepat.

Kenapa? Ini karena sifatnya ‘do’ yang artinya memperbolehkan mesin pencari untuk melakukan crawling dan kemudian mengindeks.

  • Mempengaruhi Ranking Situs

Backlink dofollow mempengaruhi bagaimana kualitas dari suatu website. ini karena backlink dofollow bisa di crawling oleh Google. Kemudian di index.

Semakin banyak halaman website yang di crawling dan diindeks maka akan semakin banyak pula ditampilkan di halaman pencarian. Semakin banyak ditampilkan maka semakin baik kualitasnya.

  • Meningkatkan Trafik Pengunjung

Dari backlink yang ditinggalkan di website sumber kemudian crawling dan di index oleh mesin pencari. Alhasil, ketika ada user yang memasukkan kata kunci sesuai dengan halaman website Anda, maka website Anda akan dimunculkan di halaman pencarian.

Karena sering muncul, user akan melakukan klik di website tersebut. Alhasil, website Anda mengalami peningkatan trafik pengunjung.

  • Meningkatkan Kredibilitas

Backlink dofollow akan mempengaruhi kredibilitas atau kepercayaan terhadap website Anda jika dipasang di sumber yang berkualitas. Hal ini perlu Anda garis bawahi bahwa pemasangan dofollow sebaiknya di website yang memiliki DR tinggi.

Bagaimana jika dofollow di website dengan kualitas rendah? Sebaiknya Anda batasi bahkan tidak dilakukan sama sekali. Tujuannya agar nanti website Anda tidak terpengaruh dengan kualitas website tersebut.

Dari pengertian dan manfaat backlink dofollow tersebut, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan backlink dofollow atau nofollow untuk optimasi.