Pengertian dan Ahrefs Adalah

Pengertian dan Ahrefs Adalah

Dalam memaksimalkan optimasi SEO, Anda perlu tools seperti Ahref untuk membantu Anda. Tools Ahref adalah salah satu tools yang paling dipercaya oleh para profesional di bidang SEO. Namun, apa itu Ahref dan apa saja fiturnya?

Pengertian Ahref

Ahref adalah tools yang dipergunakan untuk digital marketing analysis untuk optimasi SEO. Misalnya untuk laporan audit, URL ranking dan analisa kompetitor Anda.  

Ahref memiliki 2 versi yaitu gratis dan berbayar. Jika Anda menggunakan yang gratis, Anda tetap bisa menggunakan AHref misalnya untuk mencari keyword namun ada batasan tertentu. Sedangkan jika Anda menggunakan premium, Anda harus memilih paket untuk langganan terlebih dahulu mulai dari $99-$999.

Keuntungannya jika Anda memilih premium adalah, fitur yang Anda gunakan lebih banyak. dengan begitu, hasil yang akan Anda dapatkan juga akan lebih optimal.

Fitur Ahref

Ada beberapa fitur Ahref yang bisa digunakan untuk memaksimalkan optimasi SEO, diantaranya adalah:

  • Site Explorer

Fitur ini merupakan fitur utama yang dimiliki oleh Ahref. Adanya fitur ini memungkinkan Anda untuk bisa mengecek backlink atau pranala balik di banyak situs. Baik situs Anda sendiri ataupun situs milik competitor Anda.  Selain itu, Site Explorer juga memiliki fungsi sebagai berikut ini:

  1. Organic traffic research untuk membantu melihat keyword yang dipergunakan competitor.
  2. Paid traffic research untuk mengecek apakah competitor Anda memiliki paid search advertising atau tidak.
  3. Riset organic traffic.
  4. Riset paid keyword.
  5. Riset page.
  6. Riset outgoing links.
  • Keyword Explorer

Fitur dari Ahref ini akan membantu Anda untuk mencari keyword dan menganalisa ranking kesulitan atau difficulty. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keyword untuk mendatangkan trafik yang tinggi ke website Anda.

Keunggulan dari fitur keyword research Ahref yaitu:

  1. Ribuan keyword suggestion.
  2. Data dari 10 jenis search engine.
  3. Mensupport 171 negara.
  4. Search volume akurat.
  5. Clinck metric dan parent topic.
  6. Advanced SEO metrics.
  7. SERP Overview and positions history
  8. Keywords list.
  • Data Pranala Balik
Pengertian dan Ahrefs Adalah
Pengertian dan Ahrefs Adalah

Indeks pranala balik dari Ahref adalah salah satu yang terakurat dan terbaik di dunia. Hal ini karena Ahref mampu mendapatkan data dengan perubahan yang cepat berdasarkan pada crawl mesin pencari.

Cara mendapatkan pranala balik ini adalah dengan memasukkan URL ke site explorer dan Anda bisa mengecek pranala mengenai URL tersebut. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan informasi mengenai pranala baik secara lengkap di AHref.

  • Rank Tracker

Walaupun saat ini ranking website tidak terlalu diperlukan seperti sebelumnya, namun, Anda tetap bisa mengecek ranking website Anda. Ini bisa menjadi patokan untuk mengetahui kualitas dari website Anda.

Dengan informasi ini, Anda menjadi lebih tahu bahwa Ahref adalah salah satu tools online yang bisa digunakan untuk mengoptimasi SEO. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.