Pakai Aplikasi Adobe Premiere? Ini Dia Tutorial Edit Video Adobe Premiere

Sudah banyak penyedia jasa yang seperti https://www.sribu.com/id/cat/jasa-edit-video. Jasa edit video menjadi pilihan terbaik dalam mengedit. Namun, jika anda ingin menghemat biaya, anda dapat membuatnya sendiri. Hanya saja anda mengunduh aplikasi Adobe Premiere laptop ataupun PC anda sendiri. Nah, untuk tutorialnya anda bisa menyimak pada ulasan berikut ini.

1. Masuk ke Aplikasi dan Mengatur Project

Untuk proses atau langkah yang pertama anda dapat masuk ke aplikasinya terlebih dahulu dan kemudian anda dapat mengatur project. Cobalah anda ikuti cara-cara yang berikut ini.

  • Pertama, bukalah Adobe Premiere, lalu anda dapat memili “Create New Project”.
  • Selanjutnya anda akan diarahkan ke jendela yang baru, dan disitu anda akan melihat nama serta anda dapat memilih lokasi yang akan menjadi media penyimpanan project tersebut.
  • Setelah itu, anda akan memilih jenis video yang ingin dihasilkan oleh anda sendiri. Dimana anda dapat memilih berbagai jenis, seperti untuk mengupload ke YouTube, tersedia berbagai format dan hanya dikhususkan untuk YouTube saja.
  • Beri nama sequence dan klik “OK”.

2. Memindahkan File

Apabila anda telah mengikuti langkah yang pertama, maka langkah yang kedua dan wajib untuk diikuti oleh anda adalah anda bisa memindahkan file video maupun audio kedalam panel project. Dalam hal ini, anda dapat menggeserkan file yang berasal dari komputer hingga pada suatu kolon yang telah ditentukan. Setelah berbagai file berada pada panel tersebut, sekarang anda dapat melakukan proses penyuntingan.

Namun sebelumnya, anda dapat melakukan untuk memberikan sebuah nomor atau mungkin tanda susunan dari video maupun audio tersebut. Hal ini dikarenakan, akan mempermudahkan anda dalam memasuki proses penyuntingan.  Oleh karena itu, anda dapat membuat storyboard maupun outline dari ceritanya terlebih dahulu.

3. Penyuntingan

Dalam memasuki proses penyuntingan, anda dapat memilih panel “Sequence”. Gini caranya, klik kanan dibagian file “Sequence” dan pilih “Unlink”. Dalam bagian Sequence ini anda dapat memotong durasi per durasinya. Dimana anda dapat mengklik “C” pada keyboard dengan menekan enter di keyboard dalam adegan yang akan dipotong oleh anda sendiri.

Lakukanlah ini dengan cara berulang-ulang dan anda dapat menyatukan adegan per adegannya. Usahakan anda memutar “Preview” secara terus menerus sehingga bisa menghindar dari suatu video maupun audio yang tidak masuk atauoun tidak di sinkronkan antara satu sama lain. Perhatikanlah dengan hal-hal ini, karena mulai dari sinilah anda bisa mendapatkan hasil video yang terbaik.

3. Rendering

Apabila anda telah melakukan penyuntingan, maka selanjutnya anda dapat melakukan rendering. Pastikan anda memiliki sebuah komputer (PC ataupun Laptop) yang memadai. Mari kita simak pembahasan berikut ini.

  • Dalam melakukan render, maka anda dapat mengklik “File” yang berada di sebelah kiri atas. Lalu anda dapat memilih “Export” dan klik “Media”.
  • Langkah yang selanjutnya, dimana anda akan diarahkan pada Pop up jendela. Nah, disini anda akan diperintahkan untuk mengatur format dari video tersebut (3gp, mp4 dan lain sebagainya). Misalnya anda ingin memiliki kualitas terbaik, maka anda dapat melakukan ceklist terhadap “Use Maximum Render Quality”.
  • Apabila anda telah mengaturnya dan merasa sudah percaya diri, maka anda dapat mengklik “Export”. Tunggulah proses rendering tersebut hingga selesai atau 100%.