Contoh Proposal Pembuatan Website Sederhana

Contoh Proposal Pembuatan Website Sederhana

Contoh proposal pembuatan website banyak dicari untuk membuat proposal sebelum membuat website. Mengapa perlu membuat proposal? Alasannya adalah agar perusahaan Anda tahu berapa banyak budget yang harus dikeluarkan.

Lalu, bagaimana contoh proposal pembuatan website yang tepat?

Pada dasarnya, menulis atau membuat proposal pembuatan bisnis itu sama saja dengan proposal biasanya. Anda harus menuliskan latar belakang alasan pembuatan website, tujuannya, rancangan anggarannya, keunggulan atau fitur dan strategi peningkatan pelayanan.

Di bagian latar belakang, Anda juga bisa menambahkan sasaran konsumen atau sasaran pasar. Dengan begitu, pembuatan website bisa disesuaikan dengan pangsa pasar yang diinginkan.

Jika Anda hendak mengajukan pembuatan website, maka Anda hendaknya menuliskan calon investor atau pihak yang akan memodali pembuatannya.

Contoh Proposal Pembuatan Website Sederhana
Contoh Proposal Pembuatan Website Sederhana

Perencanaan Dana

Seperti belajar web design, Anda harus melakukan perencanaan dana yang baik dalam pembuatan proposal website. Dari perencanaan inilah Anda akan mengetahui berapa dana yang harus dikeluarkan.

Sebelum Anda membuat perencanaan dana, maka Anda harus melakukan survey mengenai harga pembuatan website. Dengan begitu, Anda bisa menentukan estimasi dana yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda bingung, berikut contoh perencanaan dana pada pembuatan website:

Jasa Harga
Pembuatan website Rp20.000.000
Jasa SEO Rp10.000.000
Jasa maintenance per tahunnya Rp 5.000.000
Biaya perpanjangan hosting dan domain per tahun Rp10.000.000
Total Rp45.000.000

Rancangan biaya di atas adalah rancangan biaya jika Anda menggunakan pihak ketiga. Jadi, Anda bisa fokus pada kebutuhan lainnya dan tidak perlu pusing membuat website.

Berbeda halnya ketika Anda hendak membuat website sendiri. Jika iya, maka Anda harus tahu berapa harga domain, hosting, desain website atau tema, UI/UX, fitur yang akan digunakan, SSL, maintenance, perpanjangan.

Harga tersebut harus Anda perhatikan dengan baik. Tujuannya agar Anda mendapatkan rancangan budget yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan tidak mengalami kekurangan.

Anda juga perlu menambahkan keterangan mengenai website yang akan digunakan, seperti berikut ini:

Website Keterangan
Domain Akubisabanget.com
Jenis website Company profile
Platform CMS WordPress, Xampp, Dreamweaver
Halaman Home, about us, contact, product, blog
Lama pengerjaan 1 bulan
Webmail 1 webmail ([email protected]_banget.com)
Hosting diskspace 2 GB
Pembuatan modul Ya
Maintenance

  harga

Ya

  Rp 5.000.000

Harga

Rp10.000.000

Jika semua rencana anggaran sudah dituliskan, maka jangan lupa untuk menggunakan penutup. Di bagian ini Anda bisa menyampaikan permohonan maaf terhadap kekurangan penulisan proposal. Anda juga bisa menambahkan kritik dan saran untuk perbaikan proposal.

Jadi, dalam pembuatan proposal, Anda butuh menuliskan informasi tentang latar belakang pembuatan website, rancangan anggaran dan penutup. Jika perlu tambahkan kepada siapa Anda akan mengajukan rancangan dana pembuatan website tersebut.Dengan contoh proposal pembuatan website yang singkat tersebut, semoga bisa membantu Anda ya.